Sidang Rizieq Shihab

Tim Kuasa Hukum Rizieq Siapkan Pendampingan Bagi Ratusan Simpatisan yang Ditangkap Kawanan Polisi

"Tim kita sudah saya minta tolong dampingi. Mudah-mudahan 1x24 jam ada kabar dan bisa dipulangkan ke tempat masing-masing," kata Aziz

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Dedy
Tribunnews/Herudin
Massa pendukung HRS terlibat ricuh dengan polisi 

WARTAKOTALIVE.COM, CAKUNG --- Tim kuasa hukum Rizieq Shihab menyiapkan pendampingan hukum bagi para simpatisan yang diamankan oleh aparat kepolisian ketika berada di sekitar Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Anggota tim kuasa hukum Rizieq, Aziz Yanuar mengatakan pihaknya sudah membagi tugas untuk menyiapkan pendampingan hukum usai mendapat kabar simpatisan yang diamankan. 

"Tim kita sudah saya minta tolong dampingi. Mudah-mudahan 1x24 jam ada kabar dan bisa dipulangkan ke tempat masing-masing," kata Aziz, Kamis (24/6/2021).

Menurut Aziz kedatangan ratusan simpatisan ke Pengadilan Negeri Jakarta Timur saat sidang putusan perkara pemberitahuan bohong tes swab RS UMMI Bogor merupakan suatu yang spontan.

"Setahu saya nggak ada (seruan datang), mungkin itu aksi spontan. Saya kaget juga tadi ramai," ungkapnya. 

Adapun Rizieq Shihab divonis 4 tahun penjara dalam perkara tes swab RS UMMI Bogor Rizieq karena melanggar pasal 14 ayat 1 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Ratusan simpatisan Rizieq Shihab diamankan oleh jajaran Polres Metro Jakarta Timur.

Bahkan empat di antaranya reaktif setelah menjalani tes swab antigen. 

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Erwin Kurniawan mengatakan pihaknya menangkap ratusan simpatisan Rizieq Shihab di sekitar Pengadilan Negeri Jakarta Timur. 

“Yang diamankan tadi malam, dini hari sampe tadi pagi jam 9. Itu ada 152 di Polres, sisanya di Polda ada 100 lebih dan 21 di Polsek Cakung,” ungkap Erwin, Kamis (24/6/2021). 

Erwin mengungkapkan di antara mereka yang diamankan tersebut ada kedapatan membawa senjata berupa senjata tajam. 

“Kami lihat ada yang bawa sajam dan bawa ketapel satu orang,” sambung Erwin. 

Ratusan simpatisan tersebut juga menjalani tes swab antigen secara acak sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19. Hasilnya di antara mereka ada yang reaktif Covid-19. 

“Empat orang reaktif di Polres, ini masih kita coba cek, kami tangani bersama Satgas Covid,” kata Erwin. 

Menurut Erwin, mereka yang diamankan tidak ada kaitannya dengan kericuhan yang sempat terjadi di Flyover Pondok Kopi, Jakarta Timur. Pada saat itu tidak ada satu pun simpatisan diamankan. 

Rizieq dan tim kuasa hukumnya pun mengajukan banding atas putusan Majelis Hakim yang lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang meminta vonis enam tahun penjara. 

Baca juga: Ratusan Simpatisan Rizieq Shihab Ditangkap, Setelah Tes Swab Antigen Empat Orang Reaktif Covid-19

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved