Berita Nasional

Sandiaga Uno: Event Sound of Borobudur Dapat Tingkatkan Pariwisata Berkualitas & Buka Lapangan Kerja

Sandiaga Uno: Event Sound of Borobudur Dapat Tingkatkan Pariwisata Berkualitas dan Buka Lapangan Kerja

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno membuka event Sound of Borobudur di Magelang, Jawa Tengah pada Kamis (24/6/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, MAGELANG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno menggandeng sejumlah musisi untuk menghadirkan kolaborasi musik antar negara dengan mengambil tema besar pariwisata Candi Borobudur.

"Kita sangat bersyukur bahwa International Conference Sound Of Borobudur Music Over Nations. Menggali jejak persaudaraan lintas bangsa melalui musik hari ini kita resmikan dengan partisipasi dari 11 negara," ujar Sandiaga Uno di Balkondes Desa Karangrejo, Kabupaten Magelang Jawa Tengah, Kamis (24/6/2021).

Ia menyebutkan Kemenparekraf melihat event tersebut sebagai sebuah tantangan tersendiri karena digelar di tengah melonjaknya kasus covid-19.

Namun, guna memulihkan sektor ekonomi, khususnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, pihaknya harus menggelar  suatu event yang sangat penting.

"Karena musik sangat universal dan Borobudur merupakan salah satu tempat terbaik. Ini membangkitkan semangat, menunjukkan di tengah pandemi jika kita bertransformasi musik juga bisa digelar dan conference-nya juga dengan protokol kesehatan," tambah Sandiaga Uno.

Lewat kehadiran Sound of Borobudur, dirinya berharap dapat menginspirasi para seniman untuk tetap berkarya di tengah keterbatasan imbas pandemi covid-19 saat ini.

"Sehingga mereka dapat tetap bertahan di tengah pandemi, tetap berkarya, dan pemerintah tetap hadir di tengah-tengah mereka untuk membela hak-hak mereka," ungkap Sandiaga Uno.

Lebih lanjut dipaparkannya, dirinya menyebutkan dalam lima tahun penelitian yang dilakukan para musisi ini bisa diaplikasikan di Destinasi Super Prioritas lainnya, seperti Danau Toba, Labuan Bajo, Likupang dan Mandalika.

"Dengan event ini kami harapkan dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya," jelasnya.

Baca juga: Anies Apresiasi Eki Pitung yang Hadirkan 25 Sultan-Raja Nusantara saat Peringatan HUT Kota Jakarta

Sementara itu, Addie MS kagum dengan kehadiran pemerintah dalam kolaborasi Sound Of Borobudur.

"Ini unik, di tengah pandemi, di tengah keterbatasan, tiba-tiba ada media untuk berkomunikasi antar bangsa. Bagaimana musisi dari berbagai bangsa bisa berkolaborasi dengan teknologi informasi," kata Addie MS.

"Karena sudah terbukti dari 13 abad lalu, bahwa melalui relief kita dunia antar bangsa sudah bergaul dengan akrab dan dihadirkan kembali di tengah keterbatasan komunikasi dengan langsung.Ini luar biasa menurut saya. Perhatian dari Kemenparekraf sangat luar biasa," jelasnya.

"Dalam bermusik jenis non komersial seperti ini tidak mungkin tumbuh tanpa dukungan dari pemerintah, orkestra dari luar negeri 1/3 dari tiket, 1/3 dari sponsor, 1/3 dari pemerintah. Tapi kalau ada perhatian dari pemerintah, saya sangat mengapresiasi. Terima kasih untuk mas Menteri (Sandiaga Uno)," tutup Addie MS.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved