Breaking News:

Virus Corona Bodebek

Sinergi Camat dan Kepala Desa Jadi Kunci dalam Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Bekasi

Sinergi Camat dan Kepala Desa Sangat Penting dalam Upaya Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Bekasi. Berikut Paparannya

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Dwi Rizki
Warta kota
Asisten Daerah (ASDA) 1, Yana Suyatna bersama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti menggelar rapat koordinasi dengan seluruh Camat di Gedung Pemkab Bekasi, pada Selasa (22/6/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat menggelar rapat koordinasi dengan seluruh Camat di Gedung Pemkab Bekasi, pada Selasa (22/6/2021).

Rapat itu dilakukan merespon lonjakan kasus Covid-19 di wilayah Kabupaten Bekasi.

Asisten Daerah (ASDA) 1, Yana Suyatna mengatakan, pihaknya kini tengah melakukan monitoring dan evaluasi kendala-kendala di setiap kecamatan guna mencari cara terbaik dalam penanggulangan pencegahan penularan.

"Rapat koordinasi ini sebagai langkah evaluasi terhadap zonasi yang diterapkan terhadap kasus aktif di suatu wilayah. Data realnya ada pada tingkat RT dan RW, jadi untuk menentukan zonasi kita harus berhati-hati guna menghindari data ganda," ujar Yana Selasa (22/6/2021).

Yana menyebut, diprediksi lengahnya masyarakat menjadi salah satu sebab melonjaknya kasus baru di wilayah Kabupaten Bekasi yang sempat dapat terkendali.

Baca juga: 63 Orang Positif Covid-19, Dua RT di Kelapa Dua Wetan Terapkan Mikro Lockdown

"Saya melihat ada suatu indikasi mengapa kini daya sebarnya sampai ke pesisir, yakni aktivitas-aktivitas masyarakat yang sering melakukan pertemuan di daerah perkotaan. Sadar tidak sadar bahwa mereka berpotensi menjadi Career di tempat tinggalnya," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti mengatakan peta zonasi digunakan untuk mengambil kebijakan Lock Down di suatu wilayah.

Lewat kebijakan tersebut, penyebaran Covid-19 diharapkannya dapat ditekan.

Baca juga: Waduh, Gara-gara BPJS Kesehatan Nunggak Utang Rp 82 Miliar, RSUD Kota Bekasi Terancam Ditutup

"Intruksi kementrian dalam negeri mengatur peta zonasi di tingkat RT, jika kasus di RT itu tinggi maka lock down di RT tersebut dapat diterapkan sesuai dengan arahan Kapolres," katanya.

Sehingga, lanjutnya, peran Camat sangat penting dalam memantau dan mengendalikan protokol kesehatan serta kasus sebaran di wilayahnya, menjadi kunci kesuksesan pemerintah daerah dalam menghadapi lonjakan kasus baru.

Baca juga: Anies Baswedan Minta Orangtua Waspada, Covid-19 Varian Baru Menyerang Anak-Anak

Diharapkan peran Camat dapat lebih proaktif mendampingi dan membantu para Kepala Desa dalam bentuk sinergitas agar bersama-sama menjadikan wilayahnya menjadi zona hijau.

"Sinergi camat dengan kepala desa dan lurah sangat penting dalam pengendalian Covid-19 ini," kata Sri Enny.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved