Masuk Daftar Lima Pabrikan Ponsel 5G Terlaris di Dunia, Oppo dan Vivo Makin Diminati Eropa

Masuk Daftar Lima Pabrikan Ponsel 5G Terlaris di Dunia, Oppo dan Vivo Makin Diminati Eropa. Simak selengkapnya di dalam berita ini.

thinkstockphotos
Jaringan 5G 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Perkembangan pasar ponsel 5G begitu melesat dan menggoyang pasar global di kuartal I 2021.

Sebagian besar vendor smartphone rajin merilis ponsel 5G buatan mereka ke pasar dengan rentang waktu yang hampir bersamaan.

Seperti biasa, pertarungan Apple dan Android begitu sengit di tingkat global, seiring dengan makin meluasnya adopsi jaringan 5G di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia.

Mengacu pada data dari lembaga riset pasar StrategyAnalytics (SA) baru-baru ini, Apple masih unggul di daftar ponsel 5G terlaris di kuartal pertama (Januari - Maret) 2021.

Baca juga: Aksi Motor Trail Ganjar Ramadhan Pantau Proyek Pembangunan Tembok Penahan Tanah di Cieundeur Cianjur

Meski meraih peringkat pertama, posisi Apple sangat mungkin untuk tersalip dari empat pesaing di bawahnya yakni Oppo, Vivo, Samsung, dan Xiaomi.

Di periode tersebut, Apple berhasil mengirimkan ponsel 5G, yakni iPhone 12 Series, sebanyak 40,4 juta unit dengan market share 29,8 persen. Sementara empat pesaingnya tetap berpotensi menyalip posisi Apple berkat masifnya produksi ponsel 5G terutama di kategori flagship.

Keempat brand ponsel Android itu menunjukkan peningkatan pesat untuk menyalip Apple dalan produksi ponsel 5G. Hal itu ditandai dengan pangsa pasar Apple yang tak sebesar di kuartal sebelumnya atau kuartal empayt (Oktober - Desember) tahun 2020.

Baca juga: Hari Pertama Pembatasan Mobilitas di 10 Kawasan, Dirlantas Polda Metro: Tak Ada Keluhan Warga

Dalam kuartal tersebut, pangsa pasar Apple sempat menyentuh angka 40,7 persen dengan total pengiriman 52,2 juta unit. Pangsa pasar ponsel 5G Apple menurun hingga 23 persen, beberapa faktor diprediksi akibat beralihnya sebagai pengguna iPhone untuk menggunakan ponsel Android.

Maklum saja, pabrikan Oppo, Vivo, Samsung, hingga Xiaomi yang sukses menarik minat konsumen dengan ponsel 5G mereka masing-masing. Keempat brand itu getol mengeluarkan produk terbarunya terutana untuk kategori Entry Level, Mid Range dan Flagship.

Keempat produsen smartphone tersebut kompak mengalami peningkatan pengiriman ponsel 5G pada kuartal pertama 2021 mencapai 55 persen, 62 persen, 79 persen, dan 41 persen apabila dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Baca juga: Andin Jatuhi Elsa Hukuman, Ini Sinopsis Ikatan Cinta Hari Ini, Selasa 22 Juni 2021

Adapun total shipment atau pengapalan ponsel 5G Oppo, Vivo, Samsung, dan Xiaomi masing-masing mencapai 21,5 juta unit (15,8 persen) , 19,4 juta unit (14,3 persen), 17 juta unit (12,5 persen), dan 16,6 juta unit (12,2 persen).

Data mengejutkan diperoleh Samsung dan Vivo yang meningkat signifikan. Mengacu pada data Strategy Analytics, Samsung dan Vivo merupakan dua vendor smartphone yang mengalami peningkatan pengiriman ponsel 5G yang paling signifikan dibanding pesaingnya.

Menurut SA, peningkatan pangsa pasar ponsel 5G Samsung dipicu permintaan Galaxy S21 Series yang melonjak di Korea Selatan, AS, dan sejumlah wilayah di Eropa. Galaxy S21 merupakan ponsel flagship Samsung yang menawarkan sejumlah fitur terbaik di kelas High End yang membuat konsumen di wilayah Eropa beralih dari iPhone.

Baca juga: Steven Coconuttreez Meninggal Dunia, Pernah Jadi Pengamen Jalanan hingga Jaga Studio Musik

Sementara itu, ponsel 5G Vivo juga mulai dilirik di pasar Eropa. Faktor lain seperti pagelaran Euro 2020 menjadi pendongkrak sekaligus brand activation efektif bagi Vivo yang menjadi sponsor di turnamen sepakbola itu. Ponsel Vivo X60 Series diketahui begitu diminati Eropa berkat kecanggihan kamera yang dikeluarkan pabrik lensa terkemuka asal Jerman, ZEISS.

Tren positif juga diikuti Oppo dan Xiaomi yang notabene merupakan brand asal China, namun semakin sejumlah wilayah Eropa. Oppo melalui Reno series dan Find X3 mendapat tempat di wilayah Eropa diikuti Xiaomi berkat seri Poco Phone.

Secara keseluruhan, pengiriman pasar ponsel 5G sendiri meningkat 5 persen dibanding kuartal sebelumnya, dari 128,1 juta ke 135,7 juta unit.

Baca juga: Steven Coconuttreez Meninggal Dunia, Pernah Jadi Pengamen Jalanan hingga Jaga Studio Musik

Tren semacam ini disebut akan terus meningkat hingga akhir 2021. Bahkan, SA memprediksi bakal ada sekitar 624 juta unit ponsel 5G yang dikirimkan ke pasaran sebelum 2022.

Berikut daftar 5 merek ponsel 5G teratas di kuartal pertama 2021 dirangkum dari laman Strategy Analytics, Selasa (22/6/2021). (Fandi Permana)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved