Breaking News:

Pelayanan Kependudukan

Ingin Mengurus Dokumen Pindah Domisili, Warga Depok Kini Tak Perlu Lagi Minta Surat Pengantar RT/RW

semua syarat dan prosedur yang berbelit-belit yakni pengantar RT/RW untuk pindah domisili dipangkas guna memudahkan pengurusan dokumen kependudukan.

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: Dedy
Warta Kota/Vini Rizki Amelia
ILUSTRASI --- Perubahan dokumen kependudukan di Depok. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK  --- Pengurusan dokumen kependudukan seperti pindah domisili kini tak perlu lagi menyertakan surat pengantar dari RT dan RW.

Disdukcapil Kota Depok mengeluarkan aturan baru tersebut sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 96 Tahun 2018 tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.

Aturan tersebut berupa pembuatan dokumen kependudukan tak lagi mensyaratkan surat pengantar dari RT dan RW.

Kepala Disdukcapil Kota Depok Nuraeni Widayatti mengatakan, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Ditjen Dukcapil telah menerbitkan Perpres tersebut. 

Perpres ini pun menjadi instruksi Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kualitas layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk). 

Sehingga, kata Nuraeni, semua syarat dan prosedur yang berbelit-belit yakni pengantar RT/RW untuk pindah domisili dipangkas guna memudahkan pengurusan dokumen kependudukan.

“Tapi, ketua RT/RW akan mendapatkan pemberitahuan berupa daftar penduduk yang melakukan perpindahan diajukan penduduk ke Disdukcapil baik antar RT, RW, kelurahan, kecamatan bahkan antar kabupaten atau kota se Indonesia,” papar Nuraeni dalam keterangan resminya, Selasa (22/6/2021).

Nantinya, lanjut Nuraeni, pihak Disdukcapil akan menyampaikan pemberitahuan ke kecamatan secara parsial dan berjenjang, khususnya untuk data pindah keluar dan pindah datang.  

Hal ini sesuai amanat dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 108 tahun 2019 pasal 36.

“Saat ini data kependudukan kita sudah tertata rapi. Semua penduduk sudah  terdata dalam database kependudukan nasional. Setiap pergerakan dan perpindahan penduduk dapat dengan mudah terlacak secara sistem di Dinas Dukcapil dan daftarnya akan kami sampaikan ke kecamatan, hingga di tingkat kelurahan,” ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved