Breaking News:

Pandemi Covid 19

Anies Baswedan: Tema Jakarta Bangkit menuju Kota Berketahanan dan Berkelanjutan

Anies Baswedan: Tema Jakarta Bangkit menuju Kota Berketahanan dan Berkelanjutan. Simak selengkapnya dalam berita ini.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
TRIBUNNEWS/LUSIUS GENIK
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengambil tema Jakarta Bangkit saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-494 pada Selasa (22/6/2021).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini menilai, tema tersebut diambil sebagai harapan dan mimpi Jakarta yang mampu bangkit dari keterpurukan pandemi Covid-19.

“Tema ini mengandung makna sebagai upaya pemulihan ekonomi, pemulihan kondisi kesehatan menuju kota berketahanan dan berkelanjutan yang menggambarkan harapan dan mimpi masyarakat Jakarta untuk bangkit,” kata Anies saat upacara peringatan HUT Jakarta ke-494 di Balai Kota DKI pada Selasa (22/6/2021).

Anies mengatakan, pemerintah juga membentuk elemen plus Jakarta sebagai wadah kolaborasi dalam pembangunan di Ibu Kota. Sejak pagebluk Covid-19 Maret 2020 lalu, Jakarta selalu beradaptasi dan berjuang untuk bisa pulih kembali.

Baca juga: Nunung Srimulat Ingat Kisah Masa Kecil, Pernah Jaga Makam hingga Jualan Kain Batik Hanya Untuk Makan

Di kota ini, berkumpul begitu banyak individu dan lembaga yang dapat saling berkontribusi dalam pembangunan Jakarta. Selain itu, sumber daya manusia (SDM) di Jakarta juga melimpah dengan banyaknya lembaga swadaya masyarakat (LSM), akademisi, perusahaan swasta, lembaga internasional dan sebagainya.

“Tidak ada kota lain di Indonesia yang memiliki jumlah lembaga, baik swasta maupun sosial sebanyak di Jakarta ini. Karena itulah, Pemprov DKI Jakarta mengedepankan kolaborasi, mengajak seluruh komponen untuk bekerja bersama memajukan Kota Jakarta sebagai ikhtiar kolektif,” ujarnya.

Anies menyadari, banyak hal yang tidak dapat dilakukan Pemprov DKI Jakarta, sehingga diperlukan peran masyarakat melalui kolaborasi. Pemprov lalu menambah porsi kerjanya, pertama melaksanakan tugas yang diemban selama ini, dan kedua mengajak SDM yang ada di kota Jakarta untuk bergerak bersama memajukan daerah.

Baca juga: Trail Of Civilizations Dibuka, Sandiaga Uno: Tingkatkan Kunjungan Wisatawan dan Buka Lapangan Kerja

Sebagai contoh, banyak masyarakat menyalurkan bantuan kepada yang lain melalui kanal kolaborasi sosial berskala besar (KSBB) selama pandemi Covid-19 yang disediakan pemerintah. Kanal ini sebagai upaya Pemprov untuk mengajak masyarakat menangani pandemi Covid-19.

“Kota Jakarta adalah kota yang dipenuhi dengan pribadi-pribadi tangguh, di kota ini berkumpul orang-orang yang sanggup uuntuk menghadapi tantangan, sanggup menghadapi cobaan. Tidak mudah menyerah, selalu ingin mendapatkan peningkatan dan siap untuk bekerja keras, bekerja tuntas,” jelas Anies.

Karena itulah, ketika Jakarta berulangtahun di awal pandemi Covid-19 pada 2020 lalu, Anies mengangkat tema Jakarta Tangguh. Kata dia, Jakarta Bangkit dan Jakarta Tangguh merupakan cerminan dari pribadi-pribadi warga Ibu Kota yang mau menghadapi tantangan pandemi.

Baca juga: 5 Resep Variasi Kerak Telor Khas Betawi yang Mudah Dibuat di Rumah

“Masyarakat Betawi yang pekerja keras, ulet dan selalu siap untuk menghadirkan kemajuan, merupakan bagian dan utama dari sejarah perjalanan kota ini. Masyarakat Betawi telah menjadi simpul fasilitator tumbuhnya perasaan persatuan, tumbuhnya perasaan kebangsaan dan tumbuhnya perasaan kebersamaan,” ucapnya. (faf)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved