Breaking News:

Berita Video

VIDEO : Pernyataan Jubir, Jokowi Tolak Wacana Presiden 3 Periode

Melalui juru bicara, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa ia menolak wacana tiga periode kepemimpinan sebagai presiden

Editor: Alex Suban
Warta Kota/Henry Lopulalan
Juru Bicara Kepresidenan Fadjroel Rachman di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Mengingatkan kembali, Presiden Joko Widodo tegak lurus Konstitusi UUD 1945 dan setia terhadap Reformasi 1998.

Sesuai Pasal 7 UUD 1945 amandemen ke-1 bahwa, "Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatannya selama masa lima tahun, dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan."

Dalam siaran pers yang diterima Wartakotalive.com dari Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Dr. M. Fadjroel Rachman, diungkapkan bahwa penegasan Presiden Jokowi menolak wacana presiden 3 periode.

Simak Video Berikut :

Menurut Fadjroel Rachman, pernyataan penolakan Presiden Jokowi tentang wacana tiga periode masa kepemimpinan presiden sudah berkali-kali disampaikan dan kembali ditegaskan saat ini.

Pernyataan presiden ini pernah diutarakan pertama kali pada 12 Februari 2019.

"Ada yang ngomong presiden dipilih tiga periode itu, ada tiga (motif) menurut saya. Satu, ingin menampar muka saya, yang kedua ingin cari muka, padahal saya sudah punya muka, yang ketiga ingin menjerumuskan. Itu saja," kata Jokowi saat itu.

Baca juga: Ruhut Sitompul Sebut Ada Pihak yang Ketakutan Jika Jokowi Jabat Presiden Tiga Periode

Baca juga: Demi Kebaikan Bangsa, Ferdinand Hutahaean Ingin Presiden Jokowi Menjabat Tiga Periode

Pernyataan kedua pernah disampaikan Presiden Joko Widodo pada 15 Maret 2021, "Saya tidak ada niat, tidak ada juga berminat menjadi presiden 3 periode. Konstitusi mengamanahkan 2 periode, itu yang harus kita jaga bersama. Janganlah membuat gaduh baru, kita sekarang fokus pada penanganan pandemi."

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam), Mahfud MD menanggapi perbincangan soal wacana penambahan periode masa kepemimpinan presiden di Indonesia.

Diketahui, isu tersebut pertama kali dilontarkan oleh mantan Ketua MPR RI, Amien Rais.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved