Pilpres 2024

BALIHO Ketua DPR Puan Maharani Makin Masif Tersebar di Jawa Timur, Begini Kata Pengamat

Munculnya baliho-baliho Ketua DPR RI Puan Maharani yang makin masif di beberapa daerah berefek positif pada tahun 2024.

ANTARA/HO-PDIP
Baliho Ketua DPR RI berseragam PDI Perjuangan Puan Maharani tersebar di beberapa titik di sejumlah daerah di Jawa Timur. 

WARTAKOTALIVE.COM, SURABATA -- Belakangan ini muncul baliho bergambar sosok Ketua DPR RI berseragam PDI Perjuangan, Puan Maharani, secara masif di Jawa Timur.

Baliho-baliho bergambar putri Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri itu disertai narasi yang berbeda-beda, tidak secara langsung terkait Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Terkait munculnya baliho-baliho bergambar Puan Maharani itu, pengamat politik sekaligus peneliti Surabaya Survey Center (SSC) Surokim Abdussalam menilai, munculnya baliho-baliho Ketua DPR RI Puan Maharani yang makin masif di beberapa daerah berefek positif pada tahun 2024.

"Banyak orang tahun 2024 ada Pemilihan Presiden, dan baliho yang dipasang akan berdampak baik karena secara tidak langsung ikut mengampanyekan," ujar Surokim Abdussalam di Surabaya sebagaimana dikutip Antara, Sabtu (19/6/2021).

Baliho-baliho bergambar Puan Maharani makin mudah terlihat di beberapa titik di sejumlah daerah di Jawa Timur.

Baca juga: Puan Bersyukur Pernah Digembleng Taufiq Kiemas

Baca juga: Wacana Duet Mega-Prabowo di Pilpres 2024, Junimart Girsang: Kalau Saya Puan Saja Jadi Presiden

Baliho yang mayoritas berukuran besar bertuliskan "Mbak Puan" itu disebutnya berhasil menghidupkan kembali semangat gotong royong sebagaimana semboyan PDI Perjuangan.

Hal itu mengingat, kata dia, baliho-baliho dipasang oleh simpatisan serta pendukung PDI Perjuangan di tingkat akar rumput.

"Partisipasi kader arus bawah PDI Perjuangan untuk gotong royong membuat baliho Mbak Puan akan makin positif efeknya untuk Pilpres," ucap Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Trunojoyo Madura tersebut.

Jika aksi pasang baliho puan kian masif, menurut Surokim Abdussalam, bukan tidak mungkin elektabilitas Puan Maharani bakal makin naik.

Baca juga: Pengamat: Bukan Ganjar Pranowo, Kami Yakin PDI Perjuangan Calonkan Puan Maharani di Pilpres 2024

Fenomena gotong royong arus bawah yang terus didorong, diperkirakan Puan Maharani miliki banyak surplus elektoral.

"Tinggal bagaimana Mbak Puan berupaya terus mendorong gotong royong di arus bawah partai. Bukan hanya mendorong yang sudah ada, melainkan juga menciptakan gotong royong baru," katanya.

Surokim mengatakan bahwa upaya mendorong semangat gotong royong tersebut memang tidak akan mudah dan bukan tidak mungkin menemui banyak kendala.

Namun, lanjut dia, momentum yang telah tercipta harus sebisa mungkin didorong jika Puan Maharani yang juga putri kandung Megawati Soekarnoputri itu benar-benar ingin berkompetisi pada tahun 2024.

Baca juga: Prabowo Subianto Larang Kadernya Serang Megawati Soekarno Putri, Apakah Terkait Wacana Prabowo-Puan?

"Tentu itu tidak mudah karena akan tergantung pada banyak variabel. Akan tetapi, momentum itu tidak boleh ditunggu, tetapi harus diciptakan jika ingin kompetitif," tuturnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved