Breaking News:

Kasus Covid19

Pemkot Bekasi Kembali Fungsikan RSD Stadion Patriot Candrabhaga karena Kasus Covid-19 Melonjak

Pemkot Bekasi memutuskan untuk kembali mengoperasikan rumah sakit darurat Stadion Patriot Candrabhaga, seiring melonjaknya kasus Covid-19.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Valentino Verry
Wartakotalive.com/Rangga Baskoro
Suasana ruang isolasi di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi yang diperuntukkan bagi pasien virus corona atau Covid-19 yang berstatus orang tanpa gejala atau OTG. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Setelah sempat tak beroperasi sejak awal Mei 2021 lalu, Pemkot Bekasi memutuskan untuk kembali mengoperasikan rumah sakit darurat Stadion Patriot Candrabhaga (RSD Stadion PCB).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati menjelaskan RSD Stadion PCB difungsikan kembali sejak Selasa (15/6/2021) lalu, setelah keterisian ruang perawatan di rumah sakit semakin mengkhawatirkan.

"Untuk kondisi saat ini, Covid-19 yang kita tahu semua, terjadi peningkatan yang harus diwaspadai oleh kita semua, termasuk pemerintah Kota Bekasi pastinya dan pemerintah sudah membuka kembali rumah sakit darurat sejak tanggal 15 Juni," kata Tanti saat ditemui di Stadion PCB, Sabtu (19/6/2021).

Baca juga: Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor Putar Balik Wisatawan di Gadog karena tak Bawa Surat Tes Swab

Terdapat dua zona tempat isolasi yang disediakan. Saat ini yang sudah dioperasikan adalah tempat isolasi yang terletak di gate 13.

"Di gate 13 terdapat 52 tempat tidur dengan keterisian saat ini adalah 38 pasien," ungkapnya.

Sambil melihat perkembangan peningkatan kasus, pihaknya bersiap untuk menambah kapasitas dengan memfungsikan ruangan di zona lain, yakni di gate 17 yang direncanakan akan diisi 50 tempat tidur.

"Kembali akan dibuka yang di gate 17 sesegera mungkin. Mudah-mudahan minggu depan sudah kami buka. Di sama 50 tempat tidur sehingga total di RSD ada 117 tempat tidur," kata Tanti.

Tanti menambahkan masyarakat yang dirawat di RSD Stadion PCB hanya diperuntukkan bagi pasien berstatus orang tanpa gejala (OTG).

"Sedangkan kami juga ada tempat isolasi di RS tipe D Bekasi Utara, di sana untum keluhan ringan hingga sedang," ungkapnya.

Baca juga: Asrama STTD Cibitung Jadi Tempat Isolasi Pasien Covid-19 untuk Pegawai Kemenhub dan Warga Sekitar

RSD Stadion Patriot Chandrabaga didirikan guna mencegah penyebaran kasus Covid-19 pada klaster keluarga. Pasien-pasien yang tempat tinggalnya dinilai tak representatif untuk melakukan isolasi mandiri diperkenankan dirawat di sana dengan rujukan puskesmas. 

Sebelumnya, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menjelaskan grafik kasus Covid-19 melonjak cepat di Kota Bekasi, hingga menunjukkan garis kenaikan yang nyaris vertikal.

"Angkanya bukan lagi meningkat, tapi angkanya melonjak vertikal, bukan 45 persen, 15 persen, tapi hampir 90 persen," kata Rahmat.

Berdasarkan laman resmi, corona.bekasikota.go.id, pada Sabtu (19/6/2021), total kasus terkonfirmasi mencapai 47.723 kasus.

Rinciannya jumlah kasus aktif sebanyak 2.197 orang, jumlah warga yang dinyatakan sembuh sebanyak 44.918 orang dan total kematian yakni sebanyak 608 jiwa.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved