Breaking News:

Virus Corona Jakarta

Kasus Covid-19 Ibu Kota Melonjak, KAI Commuter Gelar Test Antigen Acak Bagi Penumpang KRL

Kasus Covid-19 Ibu Kota Melonjak, KAI Commuter Gelar Test Antigen Acak Bagi Penumpang KRL

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Biro Pers/Setpres - Laily Rachev
Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi covid-19 bagi penumpang KRL di Stasiun Bogor, Kamis (17/6/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Tren kasus covid-19 di Ibu Kota yang terus melonjak diantisipasi PT KAI bersama KAI Commuter dengan menggelar tes antigen acak terhadap penumpang KRL.

Tes antigen tersebut disampaikan Vice President Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba digelar selama sepekan mulai dari Senin (21/6/2021). 

Tes digelar di enam stasiun dengan volume pengguna KRL tinggi, yaitu Stasiun Bogor, Bekasi, Cikarang, Tangerang, Manggarai, dan Tanah Abang. 

"Tes antigen acak ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 karena KRL merupakan moda transportasi favorit di wilayah Jabodetabek," jelas Anne dalam siaran tertulis pada Sabtu (19/6/2021).

Lebih lanjut dipaparkannya, memasuki pekan ketiga Juni, hingga 18 Juni 2021 KAI Commuter mencatat ada 7.943.859 orang atau 441.326 orang per hari yang memanfaatkan layanan KRL

Angka ini dijelaskan Anne bertambah 18,5 persen dibanding jumlah pengguna hingga minggu ketiga Mei lalu yang mencapai 6.467.395 orang atau 359.300 orang per hari. 

Baca juga: Kurang Puas, Kakek Beristri Tiga Bercucu Enam Ini Nekat Melecehkan Anak Perempuan Berusia 10 Tahun

"Tes antigen acak ini dilakukan sebelum pengguna bertransaksi untuk membeli tiket ataupun tap masuk di gate elektronik stasiun," jelas Anne.

"Bagi para pengguna yang hasilnya negatif akan dipersilakan melanjutkan perjalanan dengan KRL. Sementara para pengguna yang hasilnya positif tidak diizinkan naik KRL dan datanya dilaporkan ke satgas Covid-19 setempat," tambahnya.

Walau dilakukan tes antigen, layanan KRL Jabodetabek tetap beroperasi normal, yakni mencakup sebanyak 994 perjalanan KRL per hari mulai dari pukul 04.00-22.00 WIB. 

Baca juga: Bernarkah Dua Dosis Vaksin Covid-19 AstraZeneca 92 Persen Ampuh Mencegah Virus Corona Varian Delta?

Oleh karena itu, pengguna dianjurkan untuk merencanakan perjalanannya dengan baik agar terhindar dari potensi kepadatan di stasiun maupun di dalam kereta, serta tidak memaksakan diri untuk naik ke kereta apabila sudah memenuhi kuota. 

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved