Breaking News:

Protokol Kesehatan

Anies Temukan Pelanggaran Prokes di Jaksel saat Sidak Bersama Kapolda dan Pangdam

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke tempat keramaian.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Valentino Verry
Anies Temukan Pelanggaran Prokes di Jaksel saat Sidak Bersama Kapolda dan Pangdam
Warta Kota/Fitriandi Fajar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji melakukan inspeksi mendadak (sidak) protokol kesehatan di restoran di wilayah Jakarta Selatan, Jumat (18/6/2021) tengah malam. (Dok PPID DKI Jakarta)

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji melakukan inspeksi mendadak (sidak) protokol kesehatan di restoran di wilayah Jakarta Selatan, Jumat (18/6/2021) tengah malam.

Dalam kesempatan itu, mereka mendatangi tiga tempat di antaranya Restoran Le Quartier di Kebayoran Baru, Ruci’s Joint Senopati, serta 15 Park Kemang.

Anies menemukan beragam pelanggaran di antaranya kapasitas restoran yang lebih dari 50 persen, serta tempat duduk yang tidak mematuhi protokol kesehatan karena jarak kursi pengunjung yang berdekatan.

Baca juga: Antisipasi Penyeberan Covid-19, Satpas SIM Daan Mogot Batasi Jumlah Pemohon Hingga Perketat Prokes

“Malam hari ini kami di jajaran Forkompinda melakukan pemeriksaan atas kegiatan restoran, rumah makan, kafe yang ada di Jakarta," ujar Anies, Sabtu (19/6/2021).

"Ini berlangsung di seluruh wilayah Jakarta. Saya bersama Pak Kapolda dan Pangdam memeriksa langsung beberapa, kami masih menemukan praktek tidak bertanggung jawab dari para pengelola di mana kapasitas tempat yang maksimal 50 persen terlampaui,” imbuhnya.

Saat melihat pelanggaran, Anies langsung menemui seluruh pengelola tempat makan tersebut.

Mereka lalu menunjukkan masing-masing pelanggaran beserta konsekuensi yang akan dihadapi, diantaranya denda hingga penutupan sementara tempat makan.

Langkah ini sebagai upaya agar pengelola dapat menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan peraturan yang berlaku di PPKM Mikro. 

Baca juga: Satpol PP DKI Janji Lindungi Identitas Pelapor Pelanggar Prokes

“Jadi saya minta kepada semuanya untuk taat peraturan, ingat keselamatan. Kami menemukan tadi beberapa yang langsung kemudian ditutup, didenda, bahkan ada yang sampai didenda 50 juta, dan tidak bisa beroperasi,” jelas Anies.

“Untuk pelanggaran pertama adalah 1x24 jam, ditutup langsung satu jam sejak ditemukan pelanggaran. Langkah ini akan dilakukan pada semua dan setiap pelanggaran yang terjadi di Jakarta,” tambah mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ini.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved