Breaking News:

Berita Video

VIDEO LIVE Talkshow Kesehatan, Mengatasi Sendiri Gigi Sensitif di Rumah. Bisakah?

Penanganan gigi sensitif di rumah, salah satunya adalah dengan menggunakan pastagigi yang mengandul analgesic

Penulis: Ahmad Sabran | Editor: Ahmad Sabran

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- LIVE Talkshow Kesehatan Warta Kota bersama drg. R. Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati Jumat (18/6/2021) malam ini membahas tentang Mengatasi Sendiri Gigi Sensitif di Rumah, Bisakah?.

drg Anas menjelaskan, umumnya gigi sensitif terjadi karena lapisan terluar gigi atau enamel yang rusak, baik akibat menggosok gigi dengan tidak benar, ataupun faktor makanan dan minuman.

"Ada juga misalnya gusi turun ke bawah, daerah dekat akar terbuka sehingga gigi menjadi sensitif juga," ujarnya.

Dalam kejadian lapisan enamel rusak, penanganan gigi sensitif bisa dilakukan di rumah, dalam arti menangani sementara sebelum ke dokter gigi.

Namun jika kejadiannya lebih kronis hingga memicu gangguan lapisan berikutnya, yakni jaringan pulpa, maka pasien tidak bisa antisipasi apapun di rumah, penanganan wajib dilakukan di dokter gigi

"Yang membedakan sensitive ringan atau lapisan luar dengan lapisan yang lebih dalam, ciri khasnya apabila baru lapisan enamel, keluhan yang dialami adalah rasa ngilu saat menerima rangsangan baik berupa dingin makanan dan minuman, atau terpengaruh suhu di area sekitar. Sedangkan yang lebih kronis, biasanya ngilu terjadi saat ada perubahan tekanan, misalnya sedang naik pesawat, atau naik gunung dan daratan tinggi," jelasnya.

Penanganan gigi sensitif di rumah, salah satunya adalah dengan menggunakan pastagigi yang mengandul analgesic, biasanya terkadung garam kalium, di komposisi pasta gigi.

"Apapun mereknya, biasanya tertulis ada garam kalium, nitrat, sitrat, dan chloride 5 persen, tapi ini hanya analgesic, hanya mengurangi keluhannya saja," jelasnya. 

drg Anas juga mengatakan, Idealnya seorang dengan gigi sensitif juga memilih pasta gigi yang mengandung material yang memicu penebalan pada saluran di gigi sehingga efeknya lebih baik karena tertutup.

Selain pasta gigi, lanjutnya, cara alami adalah berkumur dengan bahan eugenol, atau kemangi, kayu manis, lemon, dan  cengkeh.

Ia juga menegaskan, gigi sensitif tidak terkait usia, karena bisa dialami segala usia.

Selengkapnya, tonton video di atas.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved