Breaking News:

Berita Jakarta

Perekonomian Terkontraksi Minus 2,36 persen, Pemprov DKI Jakarta Gelar Jakfest 2021

Perekonomian Terkontraksi Minus 2,36 persen, Pemprov DKI Jakarta Gelar Jakfest 2021. Berikut Selengkapnya

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Dwi Rizki
freepik.com
Resesi ekonomi akibat virus corona 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta mencatat perekonomian Ibu Kota mengalami kontraksi hingga minus 2,36 persen pada 2020 lalu.

Pemicunya, akibat pandemi Covid-19 yang mulai melanda Indonesia sejak Maret 2020 silam.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, kontraksi ekonomi juga dirasakan para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Atas persoalan itu, Pemprov DKI Jakarta turun tangan membantu pelaku UMKM agar bangkit melalui kegiatan Jakpreneur Festival 2021.

“UMKM menjadi harapan dan tumpuan untuk menggerakan roda perekonomian yang sedang stagnan karena dampak ekonomi, sehingga diperlukan dukungan pemerintah, BUMD dan pihak swasta untuk meningkatkan kapabilitas UMKM yang ada,” kata Andri saat jumpa pers di Balai Kota DKI pada Jumat (18/6/2021).

Baca juga: Pulihkan Sektor Parekraf, Sandiaga Uno Kolaborasi UNHAS Kembangkan SDM Menuju Indonesia Emas

Andri meyakini, kolaborasi yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta ini dapat mendongkrak perekonomian daerah maupun nasional.

Kata dia, acara Jakpreneur Festival akan dilakukan secara hybrid (offline dan online) dengan berbagai rangkaian acara, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha bagi masyarakat dan memberikan peluang untuk kemajuan usaha yang dimilikinya.

Menurut dia, kegiatan Jakpreneur Fest 2021 menjadi agenda utama Pemprov DKI Jakarta, terutama saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta ke-494 pada 22 Mei 2021.

Baca juga: Bakal Gelar Konvensi Capres 2024, NasDem Berisiko Dicap Partai Abal-abal Penuh Spekulasi

Bahkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga akan menghadiri puncak penyelenggaraan saat Malam Apresiasi pada tanggal 27 Juni 2021.

“Acara ini merupakan kerja bersama dari semua instansi di Pemprov DKI Jakarta yang mendukung dari berbagai aspek penyelenggaraannya dan bekerja sama dengan BUMD DKI Jakarta, yaitu PT Jakarta Tourisindo atau Jakarta Experience Board (JXB) sebagai tim penyelenggara,” jelasnya.

Dia mengatakan, penyelenggaraan Jakpreneur Festival 2021 telah banyak didukung oleh para kolaborator termasuk PT Shopee Indonesia.

Pemprov DKI yakin, bahwa dengan semangat kolaborasi dan selalu mendukung pengembangan kewirausahaan di Jakarta, dapat mendekatkan dengan kesempatan untuk kembali perekonomian khususnya pada sektor UMKM.

“Menjadi suatu kebanggaan bagi kami apabila UMKM DKI Jakarta dapat kembali kuat dan optimis sebagaimana tema HUT ke-494 Kota Jakarta, yaitu Jakarta Bangkit,” ungkapnya. (faf)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved