Breaking News:

Kemkominfo dan Kemendikbudristek Harapkan UKS Sebagai Satgas Covid-19 Kawal PTM

Kemkominfo dan Kemendikbudristek dan meminta agar UKS bisa menjadi Satgas Covid-19 di sekolah.

Penulis: M Nur Ichsan Arief | Editor: Alex Suban
ist
Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengadakan kegiatan Webinar Digital Society dengan tema “Peran UKS sebagai Satgas Covid-19 di Level Sekolah dalam Melakukan Pengawasan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas”. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim mengatakan penutupan pembelajaran tatap muka selama pandemi berdampak pada beberapa aspek.

Termasuk mental anak dan orang tua. Nadiem juga mengatakan bahwa terjadi penurunan capaian pembelajaran, apalagi di daerah-daerah dengan akses terbatas.

Baca juga: Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka di Jakarta Dihentikan Akibat Ledakan Covid-19

Baca juga: Covid-19 Melonjak, Pembelajaran Tatap Muka di Kabupaten Bogor Tunggu Keputusan Mendikbud

Pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tahun 2021

Tentang Panduan penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) mengumumkan bahwa pembelajaran tatap muka akan dapat dimulai pada bulan Juli 2021, tentunya setelah seluruh tenaga pendidik divaksinasi secara langkap dan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan tertib.

Berdasarkan hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi mengadakan kegiatan Webinar Digital Society dengan tema “Peran UKS sebagai Satgas Covid-19 di Level Sekolah dalam Melakukan Pengawasan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas”.

Baca juga: Pemprov DKI Jakarta Belum Putuskan Penerapan Pembelajaran Tatap Muka sesuai SKB 4 Menteri

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka di Jakarta Tetap Berlangsung Meskipun Kasus Covid-19 Tinggi

Webinar yang diselenggarakan pada hari Kamis (17/6/2021) turut menghadirkan Agus Mardiyanto, S.E., M.Ak (Tim Pokja UKS Direktorat SD), dr. Wara Pertiwi, MA- CMFM (Koordinator Poksi Kesehatan Usia Sekolah dan Remaja Kementerian Kesehatan) , Sri Siswati, S.Pd. (Kepala UPTD SDN 06 Sei Suka Deras Kab Batubara Prov. Sumatera Utara) sebagai narasumber.

Sebelum berdialog dengan narasumber, webinar dibuka dengan Keynote Speech dari Semuel Pangerapan, B.Sc (Dirjen Aptika Kemkominfo) dan Jumeri S.TP, M.Si (Dirjen PAUD, Dikdas & Dikmen Kemendikbud).

Jumeri menyampaikan bahwa Tim pelaksana UKS di level sekolah perlu bekerja sama dengan Tim Pembina UKS di level kecamatan dan bekerja sama dengan Puskesmas yang memiliki peran mendukung Satgas Covid-19 melakukan pemantauan kesehatan warga sekolah.

Baca juga: Kasus Covid-19 Ibukota Terus Meningkat, Pimpinan DPRD Tak Paksa Anies Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Baca juga: Ini Aturan Main Jika Pembelajaran Tatap Muka Diberlakukan di Kota Depok

“Dengan mengoptimalkan peran tim UKS di dalam Satgas Penanganan Covid-19 di level sekolah tentunya akan mendorong sekolah dalam melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka terbatas pada masa pandemi di era digital guna mewujudkan percepatan peningkatan mutu pendidikan dan mempercepat perluasan akses pendidikan yang berkualitas”, ujar Jumeri dalam akhir sambutannya.

Agus Mardiyanto yang menjadi narasumber pertama memberikan pemaparan lebih lanjut mengenai peran UKS sebagai Satgas Covid-19 di level sekolah dalam melakukan Pengawasan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved