Breaking News:

Pendidikan

PENGUMUMAN Hasil Seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Islam Negeri Kamis Ini Pukul 13.00 WIB

Hasil seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri diumumkan Kamis (17/6/2021) siang ini pukul 13.00 WIB.

Editor: Hertanto Soebijoto
Tangkap Layar Akun Twitter Kemenag RI @Kemenag_RI
Hasil seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) diumumkan pada Kamis (17/6/2021) siang pukul 13.00 WIB melalui laman https://pengumuman.um-ptkin.ac.id/. Foto ilustrasi: Logo Kementerian Agama (Kemenag) RI 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama RI Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, pengumuman hasil seleksi UMPTKIN 2021 dibuka pada Kamis, 17 Juni 2021.

Kementerian Agama menyatakan, hasil seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) diumumkan pada Kamis (17/6/2021) siang pukul 13.00 WIB melalui laman https://pengumuman.um-ptkin.ac.id/.

"Pengumuman hasil seleksi UMPTKIN 2021 dibuka pada tanggal 17 Juni 2021," ujar Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama RI Muhammad Ali Ramdhani dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan siswa yang tertarik untuk melanjutkan studinya di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri mengalami peningkatan.

Hal itu dibuktikan dengan persentase peserta yang melakukan daftar ulang pada UMPTKIN.

Baca juga: Empat Perguruan Tinggi Negeri Ini Terapkan Biaya Kuliah S1 Jalur Mandiri, Mana Pilihanmu?

Baca juga: Kemendikbudristek Ungkap Ada 336 Perguruan Tinggi Swasta Sama Sekali Tak Punya Mahasiswa

UMPTKIN merupakan sistem seleksi nasional calon mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN).

"Dengan capaian 75 persen pendaftar yang melakukan daftar ulang, saat ini PTKIN telah menjadi pilihan masyarakat," ujarnya.

Berdasarkan data yang diterima, sebanyak 100.038 calon mahasiswa telah mengikuti ujian UMPTKIN 2021.

Dari seratusan ribu calon mahasiswa yang mendaftar itu, tercatat 46 persen pendaftar berasal dari MA dan pesantren, 42 persen dari SMA, dan 12 persen dari SMK.

Baca juga: PPKM Mikro Diperpanjang 23 Maret-5 April 2021, Akademi dan Perguruan Tinggi Bisa KBM Tatap Muka

"Persentase asal madrasah atau sekolah ini juga menandakan PTKIN telan menjadi pilihan sebagai wujud kepercayaan terhadap kualitas dan mutu lulusannya selama ini," ujar Dhani.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved