Breaking News:

Berita Video

VIDEO Wali Kota Jakarta Pusat Ungkap Strategi Antisipasi Lonjakan Covid-19

Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma mengatakan strategi pertama yaitu melakukan pendekatan terkait protokol kesehatan

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Ahmad Sabran

WARTAKOTALIVE.COM,GAMBIR - Meningkatnya kasus Covid-19 beberapa akhir ini, membuat Pemerintah Kota Jakarta Pusat menyiapkan langkah strategis untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19.

Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma mengatakan strategi pertama yaitu melakukan pendekatan terkait protokol kesehatan kepada masyarakat, terutama dalam penerapan 5M dan memperketat mobilitas warga.

"Masker itu wajib hukumnya dalam situasi seperti ini, wajib mencuci tangan, dan menjaga jarak. Kerumunan harus di hindari, dan kalo ada kerumunan itu yang harus di pecahankan dan mobilitas penduduk harus diperketat," kata Dhany Sukma, Rabu (16/6/2021).

Sedangkan untuk aspek medis, pihaknya terus gencar melaksanakan testing, tracing dan treatment. Dilain sisi pemberian vaksin kepada masyarakat berusia 18 tahun keatas juga menjadi upaya meningkatkan herd immunity ditengah melonjaknya kasus Covid-19 ini.

"Vaksin ini harus di gelorakan terus, supaya masyarakat usai 18 tahun ke atas ini mau di vaksin. Kalo ini sudah di vaksin herd immunity terbentuk ini bisa dilakukan  pencegahan, jadi dua strategi itu yang kita lakukan hari ini," katanya.

Sosialisasi kepada masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan ditengah naiknya angka kasus Covid-19 pasca lebaran ini juga dianggap sangat penting. Apalagi saat ini tingkat keterisian tempat tidur pasien di rumah sakit mulai penuh.

"Karena naiknya kasus ini juga membuat ketersediaan tempat tidur di tempat isolasi harus di antisipasi. Tapi yang terpenting adalah aspek pencegahan preentif preventif dengan melakukan edukasi," ujarnya.

Dengan naiknya angka kasus Covid-19, Dhany Sukma meminta masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan. Menurut Dhany dengan kerjasama semua pihak disertai kepatuhan masyarakat, ia yakin kasus Covid-19 akan kembali turun. 

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut terjadi peningkatan kasus virus corona yang signifikan di ibu kota belakangan ini. Anies kemudian menyebut Jakarta sedang dalam situasi yang genting.

Menurut Anies, situasi ini harus dihadapi dengan menekankan perhatian ekstra pada masyarakat. Penerapan protokol kesehatan pencegahan virus corona perlu dilakukan secara disiplin.

"Kondisi tadi tak bisa dibiarkan begitu saja, harus ada intervensi, karena itu lakukan imbauan," ujar Anies dalam keterangan tertulis.

Selain itu Anies meminta para aparat terus melakukan pengawasan secara ketat. Jika ada pelanggaran, maka harus secepatnya ditindak. (JOS).

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved