Breaking News:

Berita Video

VIDEO : Lima Harapan Presiden Terhadap Lulusan Perguruan Tinggi

Presiden mendambakan adanya lima kompentensi yang dimiliki oleh sarjana lulusan perguruan tinggi. Ini paparannya.

Editor: Alex Suban
Biro Pers Setpres/Lukas
Presiden Joko Widodo dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim berdiskusi tentang Kampus Merdeka yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/6/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta lulusan perguruan tinggi tidak hanya siap bekerja, namun juga mampu menciptakan lapangan kerja.

Hal ini menjadi bagian dari lima Profil Kompetensi Lulusan Perguruan Tinggi Indonesia Dambaan Presiden.

Apa yang menjadi harapan Presiden Joko Widodo terhadap kompetensi dari lulusan perguruan tinggi Indonesia di masa mendatang?

Simak Video Berikut :

Pertanyaan tersebut diajukan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim dalam perbincangan mengenai Kampus Merdeka yang berlangsung di Istana Negara, Jakarta, sebagaimana video perbincangan yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa (15/6/2021).

Menjawab pertanyaan Nadiem, Presiden Joko Widodo menyebut lima hal yang ia harapkan tertanam dengan baik pada diri setiap lulusan perguruan tinggi Indonesia.

"Pertama, lulusan kita harus sangat kuat dedikasinya untuk kemanusiaan dan kemajuan bangsa serta toleransi dalam kebinekaan. Itu watak yang tidak boleh ditawar," ujarnya.

Baca juga: Kemendikbud Siapkan Dana Rp 500 Miliar untuk Program Kompetisi Kampus Merdeka, Simak Syaratnya

Baca juga: Mendikbudristek Nadiem Minta Mahasiswa Bantu Pelaksanaan PTM Terbatas

Selanjutnya, lulusan perguruan tinggi Indonesia juga harus memiliki karakter dan kemampuan menjadi seorang pembelajar yang kuat. Menyelesaikan masa pendidikan di perguruan tinggi bukan berarti pembelajaran telah selesai. Sebaliknya, para lulusan tersebut juga harus mau belajar dan mengembangkan pengetahuan yang sudah mereka miliki.

Di masa depan yang penuh dengan disrupsi, ketidakpastian, perubahan-perubahan besar, hingga kompetisi, kemampuan untuk terus belajar sepanjang hayat merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki.

"Tanpa belajar terus-menerus, lulusan kita akan tertinggal oleh perkembangan iptek yang sangat pesat," kata Presiden.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved