Breaking News:

Berita Bekasi

Pesta Pernikahan di Bekasi Dibubarkan Satgas Covid-19, Tamu Undangan Dipaksa Pulang

Kapolsek Cabangbungin AKP Sukarman memimpin langsung kegiatan bersama Koramil Cabangbungin serta Satpol PP Kecamatan Cabangbungin.

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Feryanto Hadi
Dok Humas Cabangbungin
Puluhan petugas gabungan dari Satgas Covid-19 Kecamatan Cabangbungin membubarkan pesta hajatan atau pernikahan di Kp Capjaya RT 005 RW 002 Desa Lenggah Sari, pada Rabu (16/6/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI---- Puluhan petugas gabungan dari Satgas Covid-19 Kecamatan Cabangbungin membubarkan pesta hajatan atau pernikahan di Kampung Capjaya RT 005  RW 002 Desa Lenggah Sari, pada Rabu (16/6/2021).

Pembubaran itu karena terkait larangan dari Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi yang melarang hal tersebut, karena ditemukannya klaster Covid-19 dari pesta hajatan atau resepsi pernikahan.

Kapolsek Cabangbungin AKP Sukarman memimpin langsung kegiatan bersama Koramil Cabangbungin serta Satpol PP Kecamatan Cabangbungin.

Saat mendatangi ke lokasi itu, ditemukan para tamu undangan tidak menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Warga di 14 Kecamatan Kabupaten Bekasi Ini Dilarang Gelar Hajatan dan Arisan

Baca juga: Satpol PP DKI Janji Lindungi Identitas Pelapor Pelanggar Prokes demi Jaga Profesi

"Iya benar, kami melakukan pembubaran kegiatan hajatan pernikahan," kata Kapolsek Sukarman, saat dikonfirmasi pada Rabu (16/6/2021).

Dia menjelaskan pihaknya mendapatkan laporan warga tentang adanya kegiatan hajatan yang dilakukan salah satu warga tersebut.

Petugas kemudian melakukan pendalaman dan turun ke lapangan.

Saat di lokasi ditemukan banyak tamu undangan tidak mematuhi protokol kesehatan, tidak memakai masker, tidak menjaga jarak dan berkerumun.

"Langsung kami meminta acara pernikahan tersebut dibatalkan karena menimbulkan banyak orang dan tidak mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat," ungkap dia.

Dikatakan AKP Sukarman, dalam kasus pelanggaran tersebut, petugas membuat surat pernyataan kepada warga yang menggelar pesta hajatan untuk tidak mengulangi perbuatannya karena situasi masih dalam pandemi Covid-19.

Baca juga: Andi Arief Dalam Masalah Serius, Baru Dilaporkan Sehari, Polisi Langsung Dalami Laporan Kader PSI

Baca juga: Bikin Kapok Preman, Kapolri Keluarkan 5 Instruksi Berangus Premanisme dan Pungli di Pelabuhan

“Karena itu, dengan terpaksa kami mengimbau kepada warga untuk membubarkan diri dan proses pembubaran dilakukan secara persuasif dan humanis,” imbuh dia.

Dia menegaskan, sejauh ini Polsek Cabangbungin sudah gencar melakukan sosialisasi kepada warga untuk tidak menggelar acara keramaian di masa pandemi Covid-19 ini.

“Kami tidak akan memandang bulu dan tetap akan membubarkan acara yang menimbulkan kerumunan. Kalau masih dihiraukan kita tindak tegas. Hukum tertinggi saat ini keselamatan masyarakat,” pungkasnya.

Larangan gelar hajatan dan arisan di Zona Merah

Warga Kabupaten Bekasi dilarang menggelar hajatan, arisan, dan kegiatan lain yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Larangan itu dikeluarga oleh Satuan tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi.

Namun, tidak semua wilayah Kabupaten Bekasi dilarang melakukan kegiatan masyarakat tersebut.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi, Alamsyah mengatakan, larangan itu sesuai zonasi pada wilayah tertentu, bukan Kabupaten Bekasi secara keseluruhan.

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro untuk melihat zonasi wilayah per kecamatan bahkan desa, baik itu merah, hijau, maupun orange.

Baca juga: PMI Kabupaten Bekasi Panik, Stok Darah Plasma Konvalesen Habis Akibat Lonjakan Kasus Covid-19

Baca juga: Beberapa Faktor Ini Jadi Pemicu Penambahan Kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi Lebih dari 400 Persen

Oleh karena itu, penentuan boleh atau tidak melakukan kegiataan masyarakat dilihat berdasarkan zonasi untuk kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved