Breaking News:

Ibadah haji 2021

Untuk Pertama Kali, Arab Saudi Izinkan Perempuan Mendaftar Haji Tanpa Wali Lelaki

Jalur digital menerima lebih dari 450.000 aplikasi untuk melakukan ibadah haji, termasuk penduduk dan warga negara asing

Editor: Bambang Putranto
AFP Photo/STR)
Jemaah haji mulai melakukan tawaf mengelilingi kabah di Masjidil Haram, Arab Saudi, tahun lalu. 

Wartakotalive.com - Lebih dari 450.000 orang di Arab Saudi telah mengajukan permohonan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Padahal baru 24 jam pendaftaran dibuka.

Hal itu disampaikan Kementerian Haji dan Umrah dalam pernyataannya seperti dilansir Alarabiya, Selasa (15/6/2021).

Para pendaftar mendaftarkan diri mereka melalui website localhaj.haj.gov.sa.

"Jalur digital menerima lebih dari 450.000 aplikasi untuk melakukan ibadah haji, termasuk penduduk dan warga negara asing, dalam 24 jam pertama pembukaan pendaftaran," kata kementerian pada Selasa.

Menurut pengumuman itu, 60 persen pelamar adalah laki-laki sementara 40 persen adalah perempuan.

Untuk pertama kalinya, Arab Saudi telah mengizinkan perempuan untuk mendaftar ibadah haji tanpa wali laki-laki.

"Mereka yang ingin menunaikan ibadah haji harus mendaftar secara individu. Perempuan bisa mendaftar tanpa mahram (wali laki-laki) bersama dengan perempuan lain," jelas kementerian.

Kerajaan Saudi akan membatasi ibadah haji tahun ini kepada 60.000 penduduk dan warga negara yang tinggal di Kerajaan karena pandemi virus corona yang sedang berlangsung.

Mereka yang berusia antara 18-65 dan ssudah divaksinasi penuh atau lengkap, telah menerima dosis pertama mereka setidaknya 14 hari sebelumnya, atau mereka yang divaksinasi dan telah pulih dari infeksi Covid-19 diizinkan untuk mendaftar.

Portal pendaftaran diluncurkan pada 13 Juni pukul 13.00 waktu setempat. sementara tidak ada prioritas untuk pendaftaran awal.

"Kementerian Haji dan Umrah menegaskan bahwa pemerintah Kerajaan Arab Saudi selalu memprioritaskan keselamatan, kesehatan, dan keamanan jemaah haji," laporan resmi Saudi Press Agency (SPA).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Baru Dibuka 24 Jam, Lebih dari 450 Ribu Orang di Arab Saudi Mendaftar Haji 2021

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved