Breaking News:

Pegiat Literasi Maman Suherman Sebut Rendahnya Minat Baca Masyarakat karena Dua Hal Ini

"Bagi mereka buku adalah berlian yang tidak boleh hilang dan harus sampai ke tujuan. Begitu sulitnya akses terhadap bahan bacaan menjadikan satu buku

Penulis: Ign Agung Nugroho | Editor: Dedy
Wartakotalive.com
Kegiatan 'Sharing session Perpusnas Writers Festival 2021' yang berlangsung secara virtual, Selasa (15/6/2021). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA --- Penulis sekaligus pegiat literasi, Maman Suherman berpendapat,  antusiasme membaca masyarakat Indonesia belum diimbangi dengan jumlah buku yang bisa diakses dan distribusinya. 

Hal itu berdasarkan pengalamannya berkeliling Indonesia dan bertemu dengan banyak taman bacaan masyarakat dan pemustaka.

"Saya menilai permasalahan yang ada bukan mengenai rendahnya minat baca, melainkan akses terhadap bahan bacaan," kata Maman di acara 'Sharing session Perpusnas Writers Festival 2021' yang berlangsung secara virtual, Selasa (15/6/2021).

Pria yang karib disapa Kang Maman itu berkisah, bahwa ia pernah hampir tenggelam saat menaiki Perahu Pustaka di Sulawesi Barat. 

Saat itu, ungkapnya, bukan cuma dia yang diselamatkan tapi buku-buku pun ikut dijaring, kemudian disetrika setiap halamannya. 

Dia pun mengaku terenyuh, betapa bahan bacaan sangat dibutuhkan oleh masyarakat di daerah dan penyebarannya masih belum merata di seluruh Indonesia.

"Bagi mereka buku adalah berlian yang tidak boleh hilang dan harus sampai ke tujuan. Begitu sulitnya akses terhadap bahan bacaan menjadikan satu buku sangat berharga," kenang Maman.

Terkait hal itu, Bupati Magetan Suprawoto yang juga dikenal sebagai penulis berharap akses terhadap bahan bacaan harus dipermudah. 

Adapun upaya yang sudah dilakukan di Magetan antara lain menempatkan perpustakaan di lokasi yang strategis dengan fasilitas yang menarik masyarakat untuk berkunjung.

“Di Magetan, perpustakaan ditempatkan di lokasi yang sangat strategis yaitu di samping alun-alun, dengan begitu masyarakat tentu antusias. Kemudian, supaya menarik di sana juga dipasang wi-fi kenceng," kata Suprawoto.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved