Breaking News:

Berita Jakarta

Optimalkan Pelayanan, Kantor Imigrasi Jakarta Pusat Luncurkan Si SISCA-Robot Virtual Berbasis AI

Optimalkan Pelayanan, Kantor Imigrasi Jakpus Luncurkan Aplikasi Si SISCA, aplikasi berbasis Artificial Intelligence yang melayani di luar jam kerja

Penulis: Dwi Rizki | Editor: Dwi Rizki
Istimewa
Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Pusat Barron Ichsan (tengah) dalam sosialisasi Aplikasi SI SISCA di Kantor Imigrasi (Kanim) Jakarta Pusat pada Selasa (15/6/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Tak dapat dipungkiri bahwa era globalisasi membawa pengaruh besar di bidang teknologi dan komunikasi.

Ternyata, hal ini bisa menjadi tantangan bagi pemerintah khususnya dalam memenuhi dan menjaga kualitas pelayanan.

Sebagai langkah mempersiapkan penilaian Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani, Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Jakarta Pusat menciptakan inovasi layanan digital, yaitu Si SISCA (Imigrasi Sistem Chat Advisor).

Si SISCA dipaparkan Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Pusat Barron Ichsan merupakan sebuah program komputer berbasis AI (Artificial Intelligence), alias robot virtual yang dapat mensimulasikan percakapan layaknya manusia.

Teknologi ini juga dikenal sebagai asisten digital yang dapat memahami serta memproses permintaan pengguna, dan memberikan jawaban yang relevan dengan cepat.

Pemasangan fitur Si SISCA pada website Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Jakarta Pusat dijelaskannya memberikan banyak manfaat bagi kinerja organisasi.

Salah satunya menanggulangi pertanyaan masyarakat pada luar jam operasional Kantor Imigrasi, yakni mulai dari pukul 08.00 WIB - 16.00 WIB.

Baca juga: Human Initiative Luncurkan Program Sebar Qurban, Targetkan 25.000 Pequrban Idul Adha Tahun Ini

"Dengan adanya keterbatasan pada jam kerja, fitur LiveChat yang sebelumnya digunakan pada website, tidak dapat menampung pertanyaan masyarakat di luar jam operasional," ungkap Barron Ichsan pada Selasa (15/6/2021).

"Sejak dipasangnya fitur Si SISCA, membantu Petugas Imigrasi untuk menjawab pertanyaan pemohon keimigrasian," tambahnya.

Baca juga: Cinta Produk Indonesia, Sandiaga Uno Hadiahkan Tri Astadi Sepatu Kesayangannya

Selain itu, dengan adanya Si SISCA membantu Petugas Imigrasi dalam menjawab pertanyaan pemohon keimigrasian tanpa harus berbicara langsung dengan petugas.

Dalam fitur Si SISCA telah dirancang jawaban-jawaban otomatis yang akan dikirimkan kepada pemohon dengan kata kunci yang telah dimasukkan ke dalam system.

Sehingga, pada saat pemohon mengetikkan kata kunci tersebut, SI SISCA akan menjawab pertanyaan dengan jawaban yang relevan.

"Oleh karena itu, layanan berbasis digital dinilai sangat penting dalam menanggulangi permintaan yang tinggi oleh masyarakat terkait informasi keimigrasian," jelasnya.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved