Breaking News:

Virus Corona

Kasus Covid-19 Jakarta Melonjak, Dinkes Catat Saat Ini Hanya Tersedia 20 Persen Tempat Tidur Pasien

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat, keterisian tempat tidur pasien Covid-19 naik signifikan sebagai dampak libur lebaran Mei 2021

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Dian Anditya Mutiara
Pertamina
Ilustrasi -- Saat ini, daya tampung tempat tidur untuk pasien Covid-19 di Jakarta tinggal tersisa sekitar 20 persen Foto Penampakan Hotel Patra Jasa Jakarta, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, yang dijadikan Rumah Sakit Darurat Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat, keterisian tempat tidur pasien Covid-19 naik signifikan sebagai dampak libur lebaran Mei 2021 lalu.

Saat ini, daya tampung tempat tidur untuk pasien Covid-19 di Jakarta tinggal tersisa sekitar 20 persen.

“BOR (bed occupancy rate) kami naik signifikan, per tanggal 14 Juni kapasitas tempat tidur isolasi sebanyak 7.341 unit, sekarang sudah terisi 5.752 atau menyentuh 78 persen hanya dalam dua minggu,” kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti pada Selasa (15/6/2021).

“Dan ICU sebesar 1.086 terisi 773 atau 71 persen. Dari 78 persen keterisian tempat tidur tersebut 25 persennya merupakan warga luar DKI Jakarta,” tambahnya.

Baca juga: Kasus Covid-19 Jakarta Naik 9 Ribu Selama Dua Pekan, Anies Baswedan Perpanjang PPKM Mikro

Meski demikian, Widyastuti menyatakan pemerintah daerah tidak membedakan pelayanan kepada pasien yang berasal dari domisili luar.

Kata dia, fenomena ini dapat menjadi peringatan bagi semua, bahwa virusnya tak mengenal batas wilayah.

Guna mengantisipasi ledakan pasien, Pemprov DKI Jakarta menggandeng BNPB untuk menambah ketersediaan BOR.

Rencananya, Pemprov DKI akan memanfaatkan fasilitas yang ada seperti Rusun Nagrak Cilincing, Wisma PMII, dan Wisma Ragunan yang nantinya akan digunakan sebagai fasilitas tambahan bila Wisma atlet mengalami lonjakan orang yang harus ditangani.

Baca juga: Bunga Citra Lestari Dinyatakan Positif Covid-19, Kini Jalani Isolasi Mandiri Berharap Segera Pulih

“Selain penambahan kapasitas BOR, menurut Widyastuti, Pemprov DKI Jakarta juga tengah mengusulkan kepada Pemerintah Pusat untuk menambah tracer (petugas yang akan melakukan pelacakan) di mana para tracer inilah yang nantinya memegang peran penting untuk melakukan deteksi dini, sehingga, pengendalian dapat dilakukan dengan baik.

RSUD Kemayoran Kewalahan Tempat Tidur Pasien Penuh

Meningkatkan kasus Covid-19 di wilayah DKI Jakarta beberapa minggu ini membuat kapasitas tempat tidur pasien Covid-19 di sejumlah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta Pusat hampir penuh. 

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved