Breaking News:

Berita Video

VIDEO Korban Longsor dan Banjir Perumahan Nerada Estate, Ciputat Mengontrak Sementara

Camat Ciputat, Andi Petabai mengatakan saat ini para penghuni rumah yang menjadi korban longsor turap tersebut telah dievakuasi 

Penulis: Rizki Amana | Editor: Ahmad Sabran

WARTAKOTALIVE.COM, CIPUTAT - Tiga rumah milik warga Perumahan Nerada Estate Blok A10 RT 1/10, Cipayung, Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) rusak akibat tertimpa longsoran turap pembatas Perumahan Griya Satwika Telkom, Pisangan, Ciputat Timur

Dari ketiga rumah yang tertimpa reruntuhan dua diantaranya mengalami rusak berat hingga tak dapat didiami penghuninya. 

Camat Ciputat, Andi Petabai mengatakan saat ini para penghuni rumah yang menjadi korban longsor turap tersebut telah dievakuasi 

"Kalau di sini ada 3 (rumah-red) yang kena reruntuhan. Untuk rumah tinggal, seperti kata Pak Wali Kota (Benyamin Davnie-red) itu kemarin akan disewakan," katanya saat ditemui di Perumahan Nerada Estate, Ciputat, Kota Tangsel, Senin (14/6/2021).

Sementara itu, Andi menuturkan selain Perumahan Nerada Estate terdapat lingkungan perumahan sekitar kawasan juga berimbas banjir akibat longsor tersebut. 

Diantaranya, yakni Perumahan Cipayung Mas, Ciputat, serta Kompleks Polisi Udara (Polairud), Pondok Cabe Ilir, Pamulang, Kota Tangsel. 

"Sebagian sudah balik, di Cipayung Mas, Polairud sebagian sudah kembali. Dan mereka kembali dievakuasi rata-rata di rumah tetangga, di masjid. Ada yang memang keluar tempat ke keluarganya. Dan sekarang laporan dari Pak Lurah mereka semua sudah kembali. Sekarang mereka sedang proses bersih-bersih. Hanya sekitar 15 KK (Kepala Keluarga-red)," jelasnya. 

Diwartakan sebelumnya, turap anak Kali Pesanggrahan yang menjadi pembatas kawasan Perumahan Griya Satwika Telkom, Pisangan, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Kota Tangsel) longsor pada Jumat, 11 Juni 2021.

Peristiwa itu terjadi ditengarai tak kuatnya bangunan beton tersebut saat hujan besar disertai petir menggelegar mengguyur kawasan wilayah Kota Tangsel sejak sore hari. 

Akibatnya bangunan yang rapuh tersebut tak kuat hingga roboh dan menutup perlintasan air anak Kali Pesanggrahan hingga mennyebabkan banjir lingkungan Perumahan Nerada Estate, Cipayung, Ciputat dan sekitarnya. 

Tak cukup menjadi penyebab banjir, beton berukuran besar serta material lain dari turap yang longsor turut pula menimpa sejumlah rumah warga RT 1/10 Perumahan Nerada Estate. (m23) 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved