Protokol Kesehatan

Arief R Wismansyah Minta Warga Kota Tangerang Disiplin Prokes karena Kenaikan Kasus Covid-19

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah minta warganya untuk disiplin dalam protokol kesehatan, mengingat kasus Covid-19 yang meningkat.

Penulis: Andika Panduwinata | Editor: Valentino Verry
Arief R Wismansyah Minta Warga Kota Tangerang Disiplin Prokes karena Kenaikan Kasus Covid-19
Warta Kota/Andika Panduwinata
Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah meminta warganya untuk disiplin protokol kesehatan karena kasus Covid-19 yang meningkat.

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Pemerintah Kota Tangerang terus berupaya maksimal guna menekan angka penyebaran Covid-19 yang saat ini mengalami kenaikan kasus.

Hal ini ditengarai lantaran semakin minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah bergerak cepat menanggapi fenomena kenaikan kasus dengan menggelar rapat koordinasi yang diikuti oleh seluruh Camat dan Lurah se-Kota Tangerang.

Baca juga: Covid-19 Jakarta Tinggi Lagi, Anies Baswedan Minta Prokes di Tempat Usaha Diperketat Termasuk Kafe

"Sejak tanggal 7 Juni sampai 13 Juni 2021, kita telah melakukan testing dan tracing sebanyak 8.591 orang. Hasilnya 341 orang terkonfirmasi positif Covid-19," ungkap Arief dalam rapat koordinasi yang berlangsung secara daring, Senin (14/6/2021).

Kondisi ini, lanjut Wali Kota, secara langsung memberikan dampak pada Bed Occupancy Rate (BOR) sejumlah Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) dan juga rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 yang ada di Kota Tangerang.

"BOR rumah sakit mencapai 77,65 persen, RIT mencapai 97,59% sedangkan ICU rumah sakit mencapai 75,40 persen," ucapnya.

Lebih lanjut Arief berpesan agar seluruh jajaran Pemkot Tangerang lebih tegas dalam menindak masyarakat yang lalai dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Dengan melalui kegiatan Operasi Aman Bersama (OAB) yang kembali dilakukan agar jumlah kasus positif Covid dapat terkendali.

Baca juga: Anies Minta Perketat Prokes di Tempat Usaha Hingga Penindakan Tegas Bagi yang Melanggar

"Datangi tempat-tempat yang rawan terjadi kerumunan, berikan teguran keras, karena jika terus lalai maka pandemi ini tidak akan selesai," kata Arief.

Angka kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tangerang melonjak drastis. Sejumlah pegawai di ruang lingkup Pemkab Tangerang dinyatakan positif Covid-19.

Selain Dinas Perdagangan, ada lima orang pegawai Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang yang positif Covid-19, setelah diketahui dari hasil test PCR.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang dr Hendra Tarmizi.

Ia menjelaskan pasca-lebaran lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Tangerang mengalami kenaikan, setelah dilakukan Swab PCR ada lima pegawai Disnaker yang terpapar berstatus orang tanpa gejala (OTG).

"Awalnya satu orang, namun setelah dilakukan tracing, bertambah menjadi empat orang. Jadi jumlahnya keseluruhan ada  lima orang," ujar Hendra, Senin (14/6/2021).

Baca juga: Anies: Tanpa Disiplin Prokes, Faskes DKI Kewalahan Tangani Covid-19 Jika Pasien Tak Terkendali

Hendra mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga kesehatan tubuh. Agar tetap fit dan wajib menerapkan protokol kesehatan di mana pun, apalagi saat ini sudah mulai banyak warga yang mengabaikan Prokes.

"Sudah divaksin tidak menjamin badan kita sehat, jika Prokes tidak diterapkan, tidak tertutup kemungkinan akan terserang virus Covid-19. Mari kita benar-benar menerapkan prokes dengan melaksanakan 5 M," kata Hendra.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved