Tingkatkan Budaya Literasi, Pemkot Depok Dapat Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling dan Paket Buku  

Pemerintah Kota Depok mendapatkan bantuan berupa satu unit mobil perpustakaan keliling (Pusling) dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

istimewa
Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando (kiri) menyerahkan kunci mobil raksasa sebagai simbol penyerahan bantuan satu unit mobil Perpustakaan Keliling kepada Pemerintah Kota Depok yang diwakili oleh Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono di Gedung Perpusnas RI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (10/6/2021) malam. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Pemerintah Kota Depok mendapatkan bantuan berupa satu unit mobil perpustakaan keliling (Pusling) dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI).

Bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando dan diterima oleh Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono di Gedung Layanan Perpusnas RI, Jalan Medan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta Pusat, Kamis (10/6/2021) malam.

Imam mengatakan, bantuan mobil pusling tersebut nantinya akan digunakan Pemkot Depok untuk meningkatkan budaya literasi di lingkungan masyarakat. 

Baca juga: Kompas Gramedia Apresiasi Upaya Perpusnas Dorong Lestarikan Karya Cetak Melalui UU SSKCKR

"Saya ingin mengantarkan satu unit mobil Pusling dari Perpusnas ke bapak Wali Kota Depok, terima kasih atas penugasannya ke Perpusnas RI," kata Imam kepada Warta Kota melalui pesan singkat, Minggu (13/6/2021).

Imam berharap mobil Pusling tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakag sehingga dapat terus meningkatkan budaya literasi di Kota Belimbing itu.

"Mudah-mudahan, kita doakan (mobil perpustakaan keliling) bermanfaat bagi kota Depok di mana pun berada. Salam literasi," paparnya.

Baca juga: Survei Perpusnas, Indeks Kegemaran Membaca Masyarakat Banten di Atas Rata-rata Nasional

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah menambahkan, Perpus Kota Depok tidak hanya mendapatkan bantuan satu unit mobil Pusling namun juga mendapatkan tiga paket buku untuk Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang ada di Kota Depok. 

Namun, untuk nama TBM yang akan diberikan bantuan tiga paket buku tersebut belum ditentukan karena menunggu arahan dari Wakil Wali Kota Depok.

"Semoga dengan meningkatnya pelayanan perpustakaan, diharapkan mampu mendorong peningkatan minat, gemar dan budaya membaca di Kota Depok," akunya.

Baca juga: HUT ke- 41 Perpusnas: Integrasikan Penguatan Sisi Hulu dan Hilir untuk Perkuat Budaya Literasi

Dengan bantuan mobil Pusling ini, Siti mengaku pihaknya kini memiliki lima armada.

Seusai penyerahan mobil Pusling secara simbolis berupa kunci mobil raksasa, Siti mengatakan pihaknya saat ini masih fokus mengurus berkas dan administrasi untuk pemenuhan berita acara serah terima mobil Pusling. 

Dengan demikian, bantuan tersebut resmi menjadi aset Diskarpus Kota Depok.

Baca juga: Perpusnas RI Gandeng Perpusnas Korsel, Sejumlah Pustakawan Akan Magang di Negeri Ginseng

"Mobil Pusling memiliki peran yang cukup penting dalam pelayanan Perpustakaan di Kota Depok. Sebab, memiliki sifat yang fleksibel dan mampu menjangkau ke lokasi kegiatan atau lingkungan warga," tuturnya.

Mobil perpustakaan keliling dari Perpusnas RI.
Mobil perpustakaan keliling dari Perpusnas RI. (istimewa)

Selain mobil Pusling, Diskarpus juga memiliki satu unit gerobak motor baca yang diperoleh dari bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar).

Dengan armada yang dimiliki kini, Siti berharap dapat meningkatkan pelayanan Perpustakaan Umum Kota Depok kepada para pemustaka. Terutama pemustaka yang tidak sempat datang ke Perpustakaan.

"Semoga dengan meningkatnya pelayanan perpustakaan, diharapkan mampu mendorong peningkatan minat, gemar dan budaya membaca di Kota Depok," imbuhnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved