Kasus Covid19

Imam Budi Imbau Warga Tingkatkan Prokes, Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19 di Kota Depok

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono meminta warganya untuk taat dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes), sebab kasus Covid-19 sedang melonjak

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Vini Rizki
Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono meminta kepada warganya untuk patuh pada protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dalam beraktivitas di luar rumah. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Meski pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan dengan larangan mudik pada momen lebaran 2021, namun tetap saja ditemukan para warga yang nekat melakukan perjalanan ke luar kota demi berkumpul bersama sanak saudaranya.

Kekhawatiran akan naiknya kasus Covid-19 akibat libur lebaran dan tingginya mobilitas masyarakat pun akhirnya terbukti.

Di Kota Depok misalnya, penambahan kasus Covid-19 terjadi secara signifikan di pekan keempat atau sebulan setelah perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Baca juga: Mencekam, Keterisian Ruang ICU di RS Kota Depok Capai 67 Persen Akibat Lonjakan Kasus Covid-19

Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono meminta kepada warganya untuk tak luput dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dalam beraktivitas utamanya saat berada di luar rumah.

Sebab, saat ini di sejumlah wilayah di Indonesia termasuk Kota Depok, telah menunjukan adanya lonjakan kasus dari virus berbahaya ini.

"Saat ini Depok sedang naik nih Covid-19, mohon kita semua bisa saling menjaga, jaga diri akan menjaga keluarga, warga dan Kota Depok, terhindar dari penyebaran Covid-19," ujarnya saat dihubungi Warta Kota, Minggu (13/6/2021).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PKS Kota Depok ini mengatakan, satuan tugas (Satgas) Covid-19 Kota Depok tak henti-hentinya dalam melakukan pencegahan dalam rangka penanganan agar pandemi Covid-19 di Kota Depok segera hilang.

Baca juga: Isnawa Adji Ungkap RSUD Pasar Minggu Nyaris Penuh karena Lonjakan Pasien Covid-19

Berdasarkan data terbaru yang ada, tingkat keterisian tempat tidur di ruang ICU rumah sakit Kota Depok berada di angka 67,59 persen, dan membuat para petugas terutama tenaga kesehatan berlomba dalam menangani para pasien Covid-19.

"Kepada seluruh masyarakat Kota Depok, mari terus kita tingkatkan pola hidup sehat dan juga kewaspadaan dalam menerapkan prokes agar tetap sehat dan selamat dari Covid-19," katanya.

Selain itu, mantan Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat ini juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh para pemangku kepentingan yang ada di Kota Depok dalam menangani pandemi Covid-19 guna mencegah penularan terus meluas.

Baca juga: Polsek Gambir Gencarkan Patroli Antisipasi Kerumunan karena Peningkatan Kasus Covid-19

"Terima kasih kepada RT/RW, Lurah dan Camat serta TNI-Polri yang ikut aktif dalam menggerakkan RW tangguh siaga Covid-19, tetap ya guys 3M dan 2i," paparnya.

Ucapan yang dimaksud lulusan Teknik Petrokimia Universitas Indonesia (UI) 3M 2i adalah memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan tingkatkan iman dan imun guna tetap terjaga dari penularan Covid-19.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Kabid PB DPKP) Kota Depok, Denny Romulo Hutauruk mengatakan, kasus baru Covid-19 terus naik secara signifikan.

"Berdasarkan data yang ada menunjukan BOR ICU sudah berada di atas angka standar yang direkomendasikan WHO (Badan Kesehatan Dunia) yakni di atas 60 persen," papar Denny saat dihubungi Warta Kota, Minggu (13/6/2021).

Baca juga: Kapolres Metro Jakarta Barat Kerahkan Polsek untuk Mengejar Target Vaksin Covid-19

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved