Breaking News:

Berita Daerah

Pemkab Karawang Hapus Denda 11 Jenis Pajak Termasuk Reklame, Simak Rinciannya

Pemkab Karawang menghapus denda 11 jenis pajak daerah sebagai stimulus bagi dunia usaha yang terdampak Covid-19 di daerah tersebut.

Editor: Hertanto Soebijoto
Warta Kota/Joko Supriyanto
Foto ilustrasi: Simbol warga cinta Pemerintah Kabupaten Karawang jadi pembatas jalan. 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG -- Pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 menjadikan dunia usaha memikul beban yang lebih berat dibanding sebelumnya.

Hal itu dikarenakan pandemi Covid-19 membuat pergerakan manusia dibatasi, sehingga dampaknya terimbas ke sektor usaha karena sumber daya manusia (SDM)-nya juga terdampak.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, Jawa Barat, menghapus denda 11 jenis pajak daerah sebagai stimulus bagi dunia usaha yang terdampak Covid-19 di daerah tersebut.

"Denda yang dihapus itu adalah denda untuk periode pajak Januari sampai Desember 2020," kata Pelaksana Tugas Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Karawang Asep Aang Rahmatullah, di Karawang, Sabtu (12/6/2021).

Video: BBM Bersubdisi Ditimba Pakai Jeriken, Kejadiannya di Kecamatan Una-una

Ia mengatakan, penghapusan denda tersebut diberikan untuk pajak hotel, restoran, hiburan, parkir, sarang burung walet, minerba, dan PPJ non-PLN (genset).

Selain itu penghapusan denda juga dilakukan untuk pajak reklame, air bawah tanah serta denda pajak bumi bangunan perkotaan dan pedesaan.

Menurut dia, stimulus berupa penghapusan denda itu sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Karawang Nomor 973/Kep.328-HUK/2021 tentang Pemberian Insentif/Stimulus bagi Wajib Pajak Daerah sebagai Dampak Wabah Covid-19 di Kabupaten Karawang 2021.

Baca juga: Hore, Pemprov DKI Jakarta Hapuskan Sejumlah Denda Pajak Selama Masa Pandemi Virus Corona

Baca juga: Pemkot Depok Hapus Denda Pajak Bumi dan Bangunan Selama Penanganan Covid-19

Aang mengatakan, untuk pajak reklame, penghapusan denda hanya berlaku untuk jenis reklame tetap dan reklame berjalan yang jatuh tempo pada Januari hingga Desember 2020.

Selain itu juga untuk penghapusan denda pajak air bawah tanah, hanya berlaku untuk pajak yang ditetapkan pada Januari hingga Desember 2020.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved