Ibadah haji 2021

Pemerintah Arab Saudi Paparkan Syarat Keberangkatan Calon Haji

Kementerian Haji Arab Saudi menyampaikan beberapa syarat keberangkatan bagi calon haji tahun 1442H/2021M.

reuters/usnews.com
Halaman Kabah di Mekkah sedang dibersihkan. Arab Saudi membuka kembali ibadah haji secara terbatas tahun ini 

Wartakotalive.com - Kementerian Haji Arab Saudi menyampaikan beberapa syarat keberangkatan bagi calon haji tahun 1442H/2021M.

Hal tersebut dilakukan demi menjamin keselamatan bagi para jamaah haji yang akan melangsungkan ibadah ke tanah suci, Arab Saudi.

Wakil Menteri urusan Haji dan Umrah Saudi Arabia mengatakan, keputusan ini diambil berdasarkan pada maqosid Al-syar’iah (tujuan syariat) untuk melindungi jiwa manusia, yakni para jemaah haji.

Tidak hanya itu, hal ini dilakukan demi memberikan segala kemudahan bagi para jemaah haji agar dapat beribadah dengan tenang.

Dikutip dari akun Facebook resmi @KBRI Riyadh, Sabtu, (12/6/2021), pernyataan ini disampaikan langsung dalam konferensi pers Kementerian Haji Arab Saudi yang bertempat di Kementerian Haji Arab Saudi, Sabtu (12/6/2021).

emerintah Arab Saudi bersama instansi terkait telah mempelajari semua indikasi secara detail untuk mendapatkan sebuah pengaturan yang sesuai dengan standar kesehatan.

Peraturan tersebut dirancang untuk menghindari berkembangnya wabah Covid-19 selama perkumpulan pada musim haji kali ini.

Beberapa peraturan di antaranya pelaksanaan ibadah hanya dapat dilaksanakan pada tempat-tempat dan waktu-waktu tertentu sesuai aturan oleh pihak penyelenggara haji.

Selain itu, akan disediakan pula tempat karantina khusus bila dibutuhkan.

Tempat ini digunakan apabila terdapat jemaah yang kedapatan terkonfirmasi Covid-19.

Tata cara pendaftaran dan persyaratan Haji yang lengkap akan diumumkan website Kementerian Haji dalam waktu dekat.

Pengaturan ini karena keinginan KSA demi melaksanakan haji dengan aman dan nyaman.

Kementerian Haji juga telah menyampaikan keputusan ini kepada seluruh warga Muslim, baik di Arab Saudi maupun kepada negara-negara lain.

Untuk diketahui, pada keberangkatan haji 1442H/2021M ini, Pemerintah Arab Saudi telah membatasi para jemaah yang diperbolehkan melakukan ibadah haji hanya warga domesik dan warga negara ekspatriat yang tinggal di Arab Saudi.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved