Breaking News:

Berita Video

VIDEO LIVE Talkshow Kesehatan, Menyikat Gigi Harus Lama atau Cukup Sebentar Saja Sih ?

"Jadi kisaran 2 sampai 5 menit, dilakukan dengan cara dan alat (sikat gigi) serta bahan (pasta gigi) yang tepat," ujarnya. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- LIVE Talkshow Kesehatan Warta Kota bersama drg. R. Ngt. Anastasia Ririen Pramudyawati Jumat (11/6/2021) malam ini membahas tentang Menyikat Gigi Harus Lama atau Cukup Sebentar Saja Sih ?

Ternyata, sikat gigi yang ideal menurut drg Anas adalah dua sampai lima menit.

"Rata-rata selama 3 menit, tapi kebanyakan kita hanya 1 sampai 2 menit, bahkan sebagian kurang dari 1 menit, kalau terlalu cepat, yang dikhawatirkan adalah belum bersih," ujar drg Anas.

Sedangkan kalau terlalu lama, bulu sikat gigi sehalus apapun bisa memicu kerusakan pada permukaan terluar, yakni enamel.

Apalagi jika sikat gigi dilakukan dengan sangat keras dan bahan kimia yang kadarnya tinggi, dan terlalu lama. 

"Jadi kisaran 2 sampai 5 menit, dilakukan dengan cara dan alat (sikat gigi) serta bahan (pasta gigi) yang tepat," ujarnya. 

Ia melanjutkan, produk sikat gigi merek apapun, dan jenis apapun, dibuat oleh siapapun asal memenuhi standar kedokteran, maka itu ideal.

"Jika ingin mencoba suatu produk sikat gigi, tertarik, silakan beli, apakah benar ujung bulunya membulat, apakah bulunya lembut atau tidak
juga rasanya setelah digunakan seperti apa. Saya tidak bisa rekomendasi brand, tapi sepanjang syarat terkait alat untuk membersihkan rongga mulut terpenuhi maka sikat gigi itu baik," ujarnya.

Meski demikian, ia merekomendasikan ujung kepala sikat gigi, hanya selebar 0,7 milimeter dan tidak sampai 1 centimeter.

Hal itu agar sikat bisa membersihkan sampai area belakang area mulut. 

Halaman
12
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved