Pojok Legislator

Kisah Adi Suwardi Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bogor, Bangun Kampung Cicadas dan Dikenang Anak Cucu

Adi Suwardi. Sebagai Kepala Desa Cicadas Gunung Putri, Adi Suwardi ingin sekali melihat wilayah yang dipimpinnya berkembang maju.

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Dodi Hasanuddin
Wartakotalive.com/Hironimus Rama
Kisah Adi Suwardi Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bogor, Bangun Kampung Cicadas dan Dikenang Anak Cucu. 

WARTAKOTALIVE.COM, CIBINONG - Kisah Adi Suwardi Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bogor, bangun Kampung Cicadas, Gunung Putri dan dikenang anak cucu.

Tidak mudah memang menjadi anggota DPRD Kabupaten Bogor. Selain harus memiliki jaringan yang kuat juga keinginan besar untuk membangun wilayah pemilihnya.

Contohnya Adi Suwardi. Sebagai Kepala Desa Cicadas, Adi Suwardi ingin sekali melihat wilayah yang dipimpinnya berkembang maju.

Rupanya rasa ada ketidakpuasan terkait pembangunan desa selama 14 tahun berkarya sebagai kepala desa. Akhirnya Pak Haji sapaan akrab Adi Suwardi terjun ke dunia politik.

"Saya tidak memiliki kepuasan terhadap anggaran yang diturunkan dari kabupaten ke tingkat Desa Cicadas waktu itu. Saya ingin tahu seperti apa sih anggaran untuk pembangunan desa itu," ungkapnya.

Pasalnya, industri di Cicadas, Gunung Putri itu lebih dari 100 perusahaan. Tetapi dana pembangunan untuk Desa Cicadas sangat minim.

Baca juga: Kisah Adi Suwardi Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bogor, Anak Pejuang dan Selalu Ingat Pesan Sang Ayah

Adi mengaku mendekat Bupati Rahmat Yasin di periode kedua sebagai kepala desa sehingga banyak program pembangunan jalan.

"Waktu itu saya mendukung dia saat suksesi dan membuat kesepakatan sehingga infrastruktur desa terselesaikan di periode kedua saya," ujar Adi.

Alasan kedua Adi ingin menjadi anggota dewan adalah agar anak cucunya bisa mengenang bahwa bapak/kakeknya dulu pernah  jadi kepala desa dan anggota dewan.

Sebagai wakil rakyat, ada banyak hal yang didorong Adi untuk pembangunan desa di Kabupaten Bogor.

Apalagi dia berada di Komisi II yang berurusan dengan pendapatan, termasuk masalah ekonomi yang ada di Kabupaten Bogor.

Baca juga: Kisah Adi Suwardi Jadi Anggota DPRD Kabupaten Bogor, Asli Kampung Cicadas, Kuliah di Ibnu Khaldun

Masalah pertama terkait dengan suasana pandemi Covid-19 saat ini. Adi ingin mendorong agar pemerintah pusat dan daerah bersinergi dengan para pengusaha untuk membangkitkan ekonomi.

Bahkan beberapa perusahaan dia dorong untuk lebih menggiatkan UMKM melalui kegiatan CSR sehingga keberadaan perusahaan memberi manfaat bagi warga sekitar.

Dengan progdam CSR ke UMKM, warga yang ada di sekitar itu bisa menikmati kehadiran perusahaan selain memperhatikan tenaga kerja, pendidikan dan kesehatan.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved