Breaking News:

Kajian Islam

Amalan Sunah Rasul Malam Jumat Tak Melulu Soal Hubungan Suami Istri, Perbanyak 3 Hal Ini

Apakah Sunah Rasul selalu identik dengan hubungan suami istri? Berikut ini akan dibahas amalan yang baik dilakukan pada Kamis malam Jumat.

freepik.com
Ilustrasi -- Perbanyak amalana Sunah Rasul pada Kamis malam Jumat ini seperti yang pernah dilakukan Rasulullah 

WARTAKOTALIVE.COM - Apakah Sunah Rasul selalu identik dengan hubungan suami istri? Berikut ini akan dibahas amalan yang baik dilakukan pada Kamis malam Jumat.  

Sunnah Rasul saat Kamis malam atau malam Jumat belakangan ramai dipahami sebagai hubungan intim atau hubungan suami istri.

Hal ini cukup beralasan karena dalam hadits ada riwayat yang mengarah ke sana. Abu Nashar Muhammad bin Abdurrahman al-Hamadani mengutip riwayat yang menyebut perkawinan para nabi di hari Jumat.

   روى أنس بن مالك رضي الله عنه بالإسناد الذي ذكرناه في المجلس الأول قال سئل رسول الله صلى الله عليه وسلم عن يوم الجمعة فقال يوم صلة ونكاح قالوا كيف ذلك يا رسول الله قال لأن الأنبياء عليهم الصلاة والسلام كانوا ينكحون فيه

Artinya: Sahabat Anas bin Malik RA meriwayatkan dengan sanad yang telah kami sebutkan di bab pertama, ia bercerita bahwa Rasulullah SAW ditanya perihal hari Jumat. Rasulullah menjawab: (Jumat) adalah hari hubungan dan perkawinan.

Sahabat bertanya: Bagaimana demikian, ya Rasulullah? Nabi Muhammad menjawab: Para nabi dahulu menikah di hari ini.(Abu Nashar Muhammad bin Abdurrahman Al-Hamadani,As-Sab‘iyyat fi Mawa’izhil Bariyyat pada hamisy Al-Majalisus Saniyyah (Semarang, Maktabah Al-Munawwir, tanpa tahun, halaman 110).

Baca juga: Panduan Shalat Tahajud Lengkap, dari Niat, Doa, Hinga Zikir Dilengkapi Bahasa Arab dan Latinnya

Namun itu berlaku untuk yang sudah menikah.

Sebenarnya amalan Sunah Rasul yang dilakukan Kamis malam Jumat itu banyak sekali 

Simak daftar amalan Kamis malam Jumat berdasarkan Sunah Rasul berikut ini.

Diketahui Kamis malam Jumat adalah waktu mustajab.

Halaman
1234
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved