Breaking News:

Kabar Tokoh

Bung Karno dan Peci Hitam, Ini Penjelasan Dosen UGM Soal Makna Filosofis, Sosiologis dan Psikologis

Dosen Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan Universitas Gajah Mada Abdul Gaffar Karim, mengapa Proklamator RI Bung Karno kerap kali memakai peci hitam.

Editor: Hertanto Soebijoto
Istimewa
Bung Karno pernah menceritakan di dalam otobiografinya bahwa beliau memilih memakai peci hitam karena peci merupakan tutup kepala yang biasa dipakai oleh rakyat kecil. Foto ilustrasi: Bung Karno saat berpidato di hadapan rakyat. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Soekarno dan peci hitam ibarat pasangan serasi yang tak terpisahkan.

Boleh dibilang, Bung Karno identik dengan peci hitam. Artinya, setiap tampil di muka umum, di dalam dan di luar negeri, Bung Karno tidak pernah absen berpeci hitam.

Apa sebenarnya makna di balik "seragam kebesaran" Sang Proklamator yang menjadi ciri khasnya yang sangat melekat di mata rakyat Indonesia itu?

Hal itu dijelaskan secara lengkap oleh dosen Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan Universitas Gajah Mada (UGM) Abdul Gaffar Karim, mengapa Proklamator RI Bung Karno kerap kali memakai peci hitam.

"Bung Karno pernah menceritakan di dalam otobiografinya bahwa beliau memilih memakai peci hitam karena peci merupakan tutup kepala yang biasa dipakai oleh rakyat kecil," kata Gaffar dalam Episode 8 Bung Karno Series Badan Kebudayaan Nasional Pusat PDI Perjuangan yang dipandu Kirana Larasati secara virtual, di Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Baca juga: Cerita Megawati Soal Soekarno Panik Disuruh Menunggang Kuda Saat HUT Angkatan Perang Indonesia

Baca juga: Kumpulan Twibbon Ucapan Selamat Hari Ulang Tahun Soekarno dan Kalimat Penyemangat

Bung Karno yang dikenal sebagai singa podium dan memiliki daya seni, tetapi mengandung kekhasan dalam berpenampilan yang jarang ditilik orang.

Menurut dia, Bung Karno biasa memakai setelan jas dengan tanda kepangkatan simbol militer dan peci hitam.

Selama menjadi presiden, ada atribut busana unik itu selalu dipakainya bahkan hingga kunjungan kenegaraan ke luar negeri.

Gaffar menyebutkan, peci hitam yang selalu dipakai Bung Karno memiliki filosofi tersendiri.

Baca juga: Peringati Hari Ulang Tahun ke-120 Bung Karno, Wawan Sofwan Perankan Soekarno di Pementasan Teater

Yang menjadi alasan pemilihan peci sebagai ‘teman outfit’ Bung Karno tak lain karena peci merupakan simbol dari rakyat kecil pada saat itu.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved