ULO Sudah Dilaksanakan, Indosat Selangkah Lagi Hadirkan 5G di Indonesia

ULO Sudah Dilaksanakan, Indosat Selangkah Lagi Hadirkan 5G di Indonesia. Simak selengkapnya di dalam berita ini.

istimewa
Jaringan 5G 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan operator seluler Indosat Ooredoo telah melakukan Uji Laik Operasi terkait pengadaan jaringan 5G di Indonesia.

Lebih lanjut Kominfo menjelaskan, saat ini pihaknya sedang memproses Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) untuk Indosat Ooredoo karena telah melaksanakan ULO 5G yang digelar pada 3-4 Juni 2021.

Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi mengatakan bahwa Indosat akan menggunakan l Indosat Ooredoo akan pakai pita frekuensi 1.800 MHz untuk jaringan 5G-nya.

"Indosat sudah melaksanakan ULO, jadi Kominfo sedang memproses Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) yang akan dikeluarkan oleh Dirjen PPI atas nama Menkominfo," ujar Dedy saat dikonfirmasi Senin (7/6/2021).

Baca juga: OJK: Sudah Ada 28 UMKM Go Public, Nilainya Rp 1 Triliun 

Saat ditanya lebih lanjut perihal tanggal pasti terbaitnya SKLO 5G untuk Indosat Ooredoo, Dedy hanya menyampaikan bahwa itu sedang dalam proses. Menurutnya, jika SKLO sudah terbit maka jaringan 5G sudah bisa dijalankan secara komersial.

"Akan di-update lebih lanjut lagi, jadi ditunggu saja terbitnya SKLO untuk Indosat," imbuh Dedy.

Sebelum jaringan 5G dihadirkan operator seluler, tahapan ULO merupakan proses penting karena melalui tahap itu akan dilihat apakah operator seluler mampu menerapkan teknologi baru itu.

Berdasarkan Peraturan Menteri Nomor 1 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Jaringan Telekomunikasi, operator seluler melakukan ULO terlebih dahulu sebelum menghadirkan teknologi terbaru ke publik secara komersial.

Sebelumnya, Senior Vice President Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang, memastikan bahwa Juni akan jadi bulan kelahiran 5G Indosat Ooredoo. Ia juga mengatakan bahwa komersialisasi layanan 5G dari Indosat akan hadir di pertengahan bulan Juni.

"Saat ini kami masih berkomunikasi intens dengan Kominfo, sementara ULO dalam waktu dekat akan dilaksanakan. Nanti akan saya beri update," ujar Steve. (FANDI PERMANA)

Baca juga: Verikasi dan Validasi Data Penerima Bansos, Efektifkan KPM dan Dorong Kemandirian Ekonomi

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved