Breaking News:

Lulusan SD Kota Bekasi

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Ungkap Lulusan SD akan Kesulitan Masuk SMP Negeri dan Swasta

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Inayatullah, mewanti-wanti orang tua murid agar tak kaget, bahwa lulusan SD akan sulit cari sekolah SMP.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Valentino Verry
Wartakotalive.com/Adhy Kelana
Ilustrasi murid SD. Dinas Pendidikan Kota Bekasi mengungkapkan lulusan SD di wilayahnya akan kesulitan mencari sekolah SMP negeri atau swasta karena keterbatasan daya tampung. 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Inayatullah menjelaskan jumlah lulusan SD negeri dan swasta di Kota Bekasi diperkirakan bakal melebihi dari kapasitas SMP negeri dan swasta.

Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kota Bekasi, diketahui bahwa jumlah siswa lulusan SD negeri dan swasta di tahun ini mencapai 45.431 siswa.

"Sedangkan kapasitas SMP negeri hanya 13.427 atau hanya berkisar 20 persen. Jadi sisanya masih ada berkisar 31.959 siswa lagi," ungkap Inayatullah saat dikonfirmasi, Selasa (8/6/2021).

Baca juga: Kemendikbud Ristek Ingin PTM Terbatas tak Menunggu Tahun Ajaran Baru, Jika Guru Sudah Divaksinasi

Sementara itu, daya tampung SMP swasta berkisar 20.000-an kursi, sehingga cukup banyak siswa lulusan SD yang tak bisa bersekolah di Kota Bekasi.

Apabila dibandingkan dengan tahun lalu, bahkan siswa lulusan SD yang hendak melanjutkan ke SMP jauh lebih banyak, yakni berkisar 45.800 siswa.

Sementara itu, jumlah siswa lulusan TK yang hendak melanjutkan ke SD sebanyak kurang lebih 45.839.

"Sedangkan daya tampung SD kita hanya 20.000-an," ujarnya.

Terkait PPDB 2021, pihaknya masih terus mematangkan formula beserta website sehingga proses pra-pendaftaran baru akan dilaksanakan pada 14 Juni 2021 mendatang.

Sebelumnya, Inayatullah menjelaskan pihaknya untuk sementara menunda penambahan jumlah sekolah yang menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) berbasis Adaptasi Tatanan Hidup Baru Satuan Pendidikan (ATHB-SP).

Inayatullah mengatakan alasan ditundanya penambahan dikarenakan terjadi penambahan kasus Covid-19 setelah libur Lebaran di Kota Bekasi.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved