Breaking News:

Berita Tangsel

Kementerian Agama Kota Tangsel Persilakan Jemaah Haji Ambil Dana Pemberangkatan 

Para jemaah haji di Tangerang Selatan dapat menarik dana pelunasan pemberangkatannya. 

Penulis: Rizki Amana | Editor: Max Agung Pribadi
Warta Kota/Rizki Amana
Kepala Kantor Kemenag Tangerang Selatan, Abdul Rojak memastikan para jemaah haji di Tangsel dapat menarik dana pelunasan pemberangkatannya. 

WARTAKOTALIVE.COM, SERPONG - Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan (Kemenag Kota Tangsel), Abdul Rojak memastikan 

Hal tersebut disampaikannya mengingat simpang siur informasi pada media sosial yang menyiarkan pembatalan pemberangkatan jemaah haji Indonesia tahun ini ditengarai dana yang terpakai oleh pemerintah pusat. 

"Jadi masyarakat terutama calon jemaah haji terutama yang tahun 2020 yang mau mengambil dana hajinya dipersilakan. Kami dari Kantor Kementerian Agama Tangsel siap melayani," kata Rojak saat ditemui di kantornya bilangan Serpong, Kota Tangsel, Selasa (8/6/2021).

Baca juga: Arab Saudi Segera Umumkan Rencana Penyelenggaraan Haji 2021

Kendati demikian, Rojak menuturkan penarikan dana dapat dilakukan secara menyeluruh oleh calon jemaah haji yang batal melakoni perjalanannya. 

Namun, kata Rojak, pengambilan dana secara menyeluruh dapat berimbas pengguguran peserta dari daftar calon jemaah haji yang siap diberangkatkan oleh Pemerintah Indonesia jika pelaksanaan haji diizinkan otoritas Arab Saudi. 

"Kalau jemaah haji mengambil dananya dari uang pulsa pelunasannya mereka tidak gugur. Tapi kalau diambil semua yang pokoknya Rp 25 juta, kemudian uang pelunasan hajinya diambil total, ya mereka tidak berangkat mulai dari nol lagi, kalau ingin berangkat haji ya daftar ulang lagi," katanya. 

Baca juga: Menag: Pemberangkatan Haji 2021 Ditiadakan, Ridwan Kamil Usul Pemerintah Lobi Ulang Arab Saudi

Sementara itu, ia mengatakan pihaknya mencatat ribuan calon jemaah haji tahun 2020 siap diberangkatkan dari wilayah Kota Tangsel. 

"Kalau data di Kementerian Agama Tangsel jemaah haji di tangsel yg sudah melunasi di tahun 2020 itu sebanyak 1.200. Jadi merka menunggu keputusan pemerintah di tahun berapa akan diberangkatkan," bebernya. 

Diketahui, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) meyampaikan pembatalan pemberangkatan ibadah haji 1442 Hijriah atau tahun 2021 ini. 

Baca juga: Pemberangkatan Haji 2021 Dibatalkan, Kemenag Kabupaten Bekasi Siap Kembalikan Dana Haji

Pembatalan pemberangkatan ibadah haji itu sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021 yang ditetapkan pada 3 Juni 2021.

Salah satu pembatalan pemeberangkatan ibadah haji tersebut yakni faktor kesehatan, keselamatan, dan keamanan bagi jemaah haji  akibat pandemi covid-19 yang melanda hampir di seluruh dunia. 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved