Breaking News:

Smart City

Sekda Kabupaten Tangerang Jabarkan Program Unggulan Smart City Guna Tingkatkan Layanan Publik

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid mengungkapkan pihaknya berkomitmen untuk menjadikan wilayahnya sebagai smart city.

Penulis: Andika Panduwinata | Editor: Valentino Verry
Sekda Kabupaten Tangerang Jabarkan Program Unggulan Smart City Guna Tingkatkan Layanan Publik
Warta Kota/Andika Panduwinata
Sekda Kabupaten Tangerang, Maesyal Rasyid mengungkapkan Pemkab Tangerang berkomitmen untuk membangun wilayahnya menjadi smart city, tak mau kalah dengan 'adik bungsu' Kota Tangsel.

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid menerima kunjungan lapangan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI secara virtual.

Kegiatan ini berlangsung di ruang rapat Bappeda Kabupaten Tangerang, Senin (7/6/2021).

Maesyal mengatakan, program smart city adalah upaya perwujudan pengelolaan kota yang memanfaatkan berbagai sumber daya secara efektif dan efisien guna menyelesaikan berbagai persoalan dengan menggunakan solusi inovatif, terintergrasi, dan berkelanjutan.

Baca juga: Ingin Terapkan Program Smart City, Bobby Nasution Ajak Airin Rachmi Diany Bantu Bangun Kota Medan

Hal ini untuk menyediakan infrastruktur dan memberikan layanan yang dapat meningkatkan kualitas hidup bagi masyarakat secara luas. 

"Merespons terhadap pentingnya program smart city ini, Pemkab Tangerang melakukan inovasi layanan publik secara masif di berbagai lini sektor bidang yang menyentuh langsung kepada kebutuhan dasar masyarakat kita," ujarnya.

Adapun inovasi yang dilakukan Pemkab Tangerang diantaranya, Program Bank Sampah dan Maggot dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan yang mewakili dimensi smart environment, Proragm Si Awak Cageur dari Rumah Sakit Umum Daerah Balaraja mewakili dimensi smart living dan Program Sibamas dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mewakili smart economy.

Ada juga Proragm Sipinter dari Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu mewakili smart branding, Program I-Tangkab dari Dinas Perpustakaan dan Arsip mewakili smart society serta pembayaran multi kanal dari Badan Pendapatan Daerah mewakili smart governance.

Baca juga: Program Smart City di Kabupaten Bekasi Pasang 10 Kamera ETLE di 4 Titik, Berlaku Mulai 17 April 2021

"Kita tidak lagi menginginkan masyarakat kesulitan dalam menerima pelayanan publik karena prosedur yang berbelit-belit, sistemnya masih manual dan waktunya lama. Pelayanan publik harus cepat prosesnya dan mudah diakses," ucapnya.

Salah satu pendamping konsultan smart city Kabupaten Tangerang, Harya Widiputra, dari Kementerian Komunikasi dan Informatika RI menambahkan program unggulan yang digagas Pemkab khususnya terus dievaluasi dan dilakukan pemantauan objek, sejauh mana manfaatnya bagi masyarakat.

"Kita tinjau langsung program yang telah digagas untuk menuju Smart City, sejauh mana pelaksanaannya selama tiga tahun ke belakang," katanya.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved