Breaking News:

Berita Jakarta

Pacu Transformasi Ekonomi, Kementerian Kominfo Siapkan 5 Program Strategis Tahun 2022

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan lima program strategis untuk mendukung tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2022. 

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Max Agung Pribadi
istimewa
Menkominfo Johnny G Plate dalam Rapat Kerja Kementerian Kominfo bersama Komisi I DPR-RI, di Ruang Rapat Komisi I, Jakarta. 

WARTAKOTALIVE.COM, MAKASAR - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan lima program strategis untuk mendukung tema Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2022

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengatakan ada lima program mendukung tiga prioritas pembangunan nasional demi untuk memacu transformasi ekonomi Indonesia. 

“Kementerian Kominfo mengimplementasikan yang berhubungan pengembangan sumber daya manusia, infrastruktur TIK, ekonomi, pelayanan publik,” jelasnya melalui keterangan tertulis, Senin (7/6/2021). 

Baca juga: Kementerian Kominfo Beri Beasiswa 50.000 Orang Melalui Program Digital Talent Scholarship 2020

Johnny menegaskan target yang akan dicapai pemerintah termasuk Kementerian Kominfo sesuai tema RKP Tahun 2022 adalah menyiapkan landasan transformasi ekonomi Indonesia.

“Tema tersebut dipilih dengan tujuan agar pembangunan di tahun 2022 dapat menjadi landasan transformasi ekonomi Indonesia,” ungkapnya.

Menurut Johnny, upaya itu dikemas dalam 5 program strategis yang dilaksanakan penuh pada tahun 2022. Pertama, program penyediaan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK). 

Baca juga: Kominfo Matikan Siaran TV Analog untuk Dimigrasikan ke Digital pada 17 Agustus 2021

Program tersebut meliputi upaya percepatan pembangunan Base Transceiver Station (BTS), integrasi Palapa Ring, penyediaan akses internet, pembangunan pusat monitoring telekomunikasi dan penyiaran, serta upaya digitalisasi penyiaran. 

“Yang kedua adalah program pengelolaan spektrum frekuensi standar perangkat dan layanan publik sebagai implementasi Prioritas Nasional ke-5 yang mencakup,” jelasnya. 

Selanjutnya, program strategis ketiga yakni pemanfaatan TIK sebagai bentuk implementasi Prioritas Nasional ke-3 dan ke-5 untuk ciptakan ekosistem serta ruang digital aman dan produktif. 

Baca juga: Kominfo: Penerapan Jaringan 5G di Indonesia akan Dilakukan Secara Bertahap

“Program ini berupa percepatan pembangunan pusat data nasional, penyelenggaraan aplikasi cloud untuk electronic government, pengembangan startup digital, pengembangan smart city, penyusunan kebijakan perlindungan data pribadi,” paparnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved