Gawai

Ternyata Ini Penyebab Ponsel Oppo dan Vivo Belum Bisa Terkoneksi Jaringan 5G

Rupanya belum tersedianya pembaruan OTA (over-the-air) yang membuat ponsel 5G Oppo dan Vivo ini belum bisa terkoneksi.

Editor: Feryanto Hadi
istimewa
Jaringan 5G 

WARTAKOTALIVE.COM,  JAKARTA - Dua pabrikan ponsel yakni Vivo dan Oppo menjelaskan perihal belun berfungsinya fitur 5G di dalam perangkatnya.

Rupanya belum tersedianya pembaruan OTA (over-the-air) yang membuat ponsel 5G ini belum bisa terkoneksi.

Pembaruan OTA sendiri merupakan pembaruan sistem perangkat lunak atau firmware baru yang dikirim ke perangkat seluler melalui nirkabel

Vivo Indonesia menjelaskan akan mengumumkan soal penggunaan ponsel 5G di Indonesia.

Baca juga: Oppo Rilis Find X3 Pro 5G Hari Ini, Tawarkan Kecanggihan Kamera dan Sensasi Layar 1 Miliar Warna

Senior Brand Director Vivo Indonesia, Edy Kusuma mengungkapkan pihaknya akan mengkomunikasikan lebih lanjut soal unlock ponsel itu agar bisa terkoneksi 5G.

Vivo juga akan mengupdate firmware itu agar pembaruan OTA untuk pemilik ponsel bisa dilakukan menikmati fitur 5G.

"Nanti akan ada OTA update yang dilakukan untuk mengaktifkan fitur 5G di Vivo V21 5G & Vivo X60 Series. Tentunya Vivo ingin agar pengguna Vivo bisa segera menikmati jaringan 5G ini," kata Edy dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/6/2021).

Edy juga menambahkan bahwa ponsel V21 5G dan seri X60 sudah mendukung jaringan Band 40. Jaringan tersebut merupakan frekuensi yang digunakan oleh Telkomsel saat meluncurkan 5G di Jakarta pekan lalu.

Baca juga: Sudah Ajukan ULO ke Kominfo, Indosat Ooredoo segera Hadir dengan Jaringan 5G di Indonesia

"Namun, sejauh ini secara perangkat Vivo yang sudah memiliki kemampuan 5G: V21 5G & X60 Series sudah mendukung jaringan Band 40. Sehingga bila pembaruan OTA sudah dilakukan maka otomatis akan tersambung 5G," kata Edy.

Sementara itu, PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto mengungkapkan unlock perangkat Oppo masih dalam proses sehingga pengguna ponsel merek itu belum bisa menikmati 5G. Hingga saat ini, pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak Oppo Global terkait hal tersebut.

Aryo menambahkan juga belum mengetahui kapan perangkat 5G itu akan ter-unlock. Dia juga mengatakan sedang diusahakan untuk bisa cepat.
"Nanti konsumen hanya cukup menunggu pembaruan melalui OTA," ungkapnya beberapa waktu lalu.

Baca juga: Daftar Ponsel Xiaomi yang Sudah Mendukungan Jaringan 5G dan Harganya

Sebagai informasi, beberapa ponsel Oppo di Indonesia telah mendukung jaringan 5G. Terbaru adalah Find X3 pro 5G yang diluncurkan 3 Juni kemarin. Ada pula Find X2 Pro, Reno 5 5G dan A74 5G.

Kominfo dukung pengembangan jaringan 5G

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyambut baik niat operator seluler yang ingin menghadirkan jaringan 5G di Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved