Breaking News:

Ibadah Haji

Peniadaan Keberangkatan Ibadah Haji, Travel di Kota Bekasi Akomodasi Pengembalian Dana Calon Jemaah

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Annur telah mengakomodasikan pengembalian dana haji 2021 ke sejumlah calon jemaah haji.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Panji Baskhara
Wartakotalive.com/Rangga Baskoro
Ketua Pimpinan KBIHU Annur Danial Aminuddin mengatakan pihaknya saat ini telah mengakomodasikan pengembalian dana keberangkatan ke tanah suci ke sejumlah calon jemaah haji, Jumat (4/6/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Salah satu travel di Kota Bekasi, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Annur, menanggapi mengenai penundaan keberangkatan calon jemaah haji 2021.

Menurut Ketua Pimpinan KBIHU Annur Danial Aminuddin, pihaknya telah akomodasi beberapa calon jemaah haji yang meminta pengembalian dana keberangkatan ke tanah suci.

"Alhamdullilah, di Kota Bekasi saat pandemi berlangsung dari tahun 2020, tak ada keberangkatan, kan pilihannya dua dari Kemenag, silahkan mau dicabut pelunasan (bukan dibatalkan hajinya), atau mau dibiarkan," kata Danial saat ditemui, Jumat (4/6/2021).

Mereka bisa mengambil pengembalian uang pelunasan di luar dana porsi yang diwajibkan sebesar Rp 25 juta.

Baca juga: Dua Kali Tidak Kirim Calon Haji, Biro Perjalanan Haji dan Umroh Lakukan Cara Ini Agar Tetap Bertahan

Baca juga: Status Calon Jemaah Haji Tidak Hilang Meski Setoran Pelunasan Bipih Ditarik

Baca juga: Begini Prosedur Pengembalian Biaya Haji, Butuh Waktu Sembilan Hari

Apabila mereka mengambil uang pelunasan, maka mereka diwajibkan kembali membayar pelunasan mana kala hendak berangkat haji di tahun berikutnya.

Namun besaran biaya yang nantinya harus dibayarkan akan menyesuaikan dengan harga di tahun ketika calon jemaah tersebut berangkat.

"Jumlah pelunasan itu dikasih opsi sama pemerintah, mau dicabut silahkan tidak juga tidak apapa. Kalau dicabut, berarti dia update, harus mengikuti perkembangan kenaikan biaya," ungkapnya.

Apabila mereka memutuskan untuk menahan dana pelunasan, maka calon jemaah haji tidak perlu menambah dana pelunasan mana kala biaya haji naik di tahun berikutnya.

"Kalau engga dicabut nanti ketika ada keberangkatan, kemudian ada kenaikan harga maka si calon jamaah tidak dikenakan apapun, biaya tambahan," kata Danial.

Meski begitu dari 145 calon jemaah haji yang terdaftar di travelnya, tak ada satu pun dari mereka yang meminta pengembalian dana pelunasan.

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved