Breaking News:

Jalur Sepeda

Polda Metro Imbau Pesepeda di Sudirman-Thamrin Tidak Keluar dari Jalur yang Sudah Disediakan

Ditlantas Polda Metro Jaya mengimbau para pesepeda di kawasan Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat, tidak keluar dari jalur yang sudah disediakan.

twitter/@TMCPoldaMetro
Sejumlah pesepeda melintas di luar jalur sepeda yang sudah disediakan, Rabu (2/6/2021). Ditlantas Polda Metro Jaya mengimbau para pesepeda di kawasan Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat, tidak keluar dari jalur yang sudah disediakan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah menggodok regulasi penggunaan jalan layang non tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang secara permanen saat akhir pekan.

Rencananya, JLNT akan digunakan sebagai jalur sepeda permanen jenis roadbike pada hari Sabtu-Minggu dari pukul 05.00-08.00.

“Rencana ini sudah dibahas dan sekarang tinggal menunggu Keputusan Gubernur (Kepgub). Dalam beberapa hari ini insyaallah selesai,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) di Balai Kota pada Senin (31/5/2021) malam.

Video: MRT Jakarta Sediakan Jalur Khusus Sepeda

Ariza mengatakan, rencana ini telah dikaji secara matang oleh Dinas Perhubungan DKI bersama stakeholder lain.

Dalam rapat itu, akhirnya diputuskan JLNT dari depan Kota Kasablanka sampai Citywalk dijadikan jalur sepeda roadbike permanen saat akhir pekan di pagi hari.

Selain di JLNT, Pemprov DKI Jakarta juga akan membuat jalur sepeda permanen untuk pesepeda roadbike di Jalan Sudirman-Thamrin.

Baca juga: Anies Hari ini Akan Gowes Sepeda dari Senayan ke Balai Kota saat World Bicycle Day

Baca juga: WORLD Bicycle Day, Ini Pesan Gubernur Anies Baswedan seusai Bike to Home Susuri Jalur Sepeda Jakarta

Penggunaan jalur sepeda ini hanya diizinkan selama 1,5 jam setiap hari Senin-Jumat dari pukul 05.00-06.30.

Di luar jadwal itu, pesepeda roadbike harus melintas di jalur sepeda non roadbike yang sudah disiapkan di bahu jalan.

Namun demikian, Ariza tak menjelaskan detail soal jalur roadbike permanen di ruas Jalan Sudirman karena akan dijabarkan melalui Kepgub.

Sementara itu masih dijumpai sejumlah pesepeda yang tidak tertib, yaitu melaju di luar jalur sepeda yang sudah disediakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Baca juga: WORLD Bicycle Day: Kutipan Sepeda Para Tokoh Dunia dari Albert Einstein sampai Aktor Top Inggris

Pemandangan itu antara lain terlihat di Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat pada Rabu (2/6/2021).

Terlihat, para pesepeda ada yang berada di jalur yang sudah disediakan, namun ada pula yang menggowes di luar jalur sepeda.

Untuk itu, Ditlantas Polda Metro Jaya mengimbau para pesepeda di kawasan Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta Pusat, tidak keluar dari jalur yang sudah disediakan.

Baca juga: Anies Baswedan Bangun Jalur Sepeda, Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP Ini Pertanyakan JakLingko

"Dengan tetap berada di jalur yang sudah disediakan, para pesepeda dapat melaju dengan aman dan tertib," kata Ditlantas Polda Metro Jaya sebagaimana dirilis di laman #TMCPoldaMetro, Rabu (2/6/2021). (soe)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved