Breaking News:

Kasus Rizieq Shihab

Rizieq Shihab Cuma Banding Vonis Kasus Petamburan, JPU Dinilai Nafsu Penjarakan Terdakwa Lebih Lama

Padahal menurut Aziz, pihaknya bersama terdakwa Rizieq dan lima mantan petinggi FPI dalam perkara ini, sudah menerima vonis yang dijatuhkan hakim.

Editor: Yaspen Martinus
Warta Kota/Nur Ichsan
Rizieq Shihab mengajukan banding atas vonis majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Timur, dalam perkara kerumunan di Petamburan. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Aziz Yanuar, anggota tim kuasa hukum Muhammad Rizieq Shihab, menyoroti banding jaksa penuntut umum (JPU) atas vonismajelis hakim terkait perkara kerumunan di Petamburan dan Megamendung.

Aziz mengatakan, upaya hukum dengan mengajukan banding memang hak jaksa sebagaimana diatur dalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).

Namun, dengan diambilnya keputusan untuk mengajukan banding itu, tim kuasa hukum Rizieq Shihab menilai langkah tersebut merupakan upaya besar jaksa untuk memenjarakan mantan pentolan FPI itu, lebih lama dari vonis hakim.

Baca juga: Jokowi: Perluasan dan Pendalaman Nilai-nilai Pancasila Tidak Bisa Dilakukan dengan Cara-cara Biasa

"Bahwa terhadap upaya hukum banding yang dilakukan oleh jaksa terhadap perkara Megamendung dan Petamburan merupakan hak JPU sebagaimana diatur dalam KUHAP."

"Namun, secara nyata memperlihatkan nafsu kekuasaan melalui tangan JPU untuk memenjarakan HRS dkk dengan waktu yang lebih lama," ujar Aziz lewat keterangan tertulis,  Rabu (2/6/2021).

Padahal menurut Aziz, pihaknya bersama terdakwa Rizieq dan lima mantan petinggi FPI dalam perkara ini, sudah menerima vonis yang dijatuhkan hakim.

Baca juga: DAFTAR Lengkap 75 Pegawai KPK Tak Lolos Tes Wawasan Kebangsaan, 1.271 Orang Dilantik Jadi ASN

Sebab, kata Aziz, ketua majelis hakim Suparman Nyompa beserta jajarannya telah memberikan vonis untuk para terdakwa dengan sangat bijak.

"Kami menghormati putusan majelis hakim yang telah objektif memimpin jalannya sidang hingga memutuskan perkara Megamendung dan Petamburan dengan sangat bijak," ujar Aziz.

Karena jaksa mengajukan banding, maka kata Aziz, kubu Rizieq Shihab juga akan menggunakan haknya guna memberikan masukan-masukan dan bukti-bukti kepada hakim Pengadilan Tinggi.

Baca juga: Dipecat KPK, AKP Stepanus Robin Pattuju Kemungkinan Tetap Bekerja di Polri

Adapun pengajuan banding itu, kata dia, hanya dilakukan untuk perkara kerumunan di Petamburan, karena hanya pada perkara tersebut majelis hakim menjatuhkan vonis pidana kurungan penjara.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved