Breaking News:

Perekonomian Desa

Pemkab Bekasi Berharap BUMDes Dikembangkan dengan Baik untuk Meningkatkan Perekonomian Desa

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat meminta pemerintah desa dapat mengembangkan dengan baik Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Muh Azzam
Makanan UMKM di salah satu minimarket hasil dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Kegiatan ini dapat membantu perekonomian di desa. 

WARTAKOTALIVE.COM< BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat meminta pemerintah desa dapat mengembangkan dengan baik Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Diharapkan BUMDes dapat menggerakkan roda perekonomian di desa agar berkembang dan meningkat.

"Kami berharap Bumdes yang ada di desa dapat tumbuh dan berkembang sehingga dapat membantu meningkatkan perputaran ekonomi di desa. Dengan adanya pengelolaan Bumdes dapat memberdayakan masyarakat lokal di desa tersebut," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bekasi, Ida Farida, Rabu (2/6/2021).

Baca juga: Efek UU Cipta Kerja, Abdul Halim Iskandar Sebut Sudah Ada 88 BUMDes Mendaftar Sebagai Badan Hukum

Ia sangat mengharapkan BUMDes dapat membawa dampak positif dari segi pemberdayaan masyarakat dalam menyerap tenaga kerja lokal.

Pihak DPMD akan bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi untuk mendukung Bumdes dalam sistem manajerial dengan melakukan pembinaan dan berkonsultasi terkait pengelolaan Bumdes.

"Beberapa perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Bekasi turut mensupport Bumdes dalam sistem kelembagaan, leadership, dan manajerial agar Bumdes dapat tetap eksis," tuturnya.

Ida menyebutkan, DPMD telah berupaya untuk membantu Bumdes dalam menentukan target pasar agar memperoleh keuntungan yang konsisten.

Kabupaten Bekasi memiliki potensi yang besar untuk memenuhi kebutuhan pokok lokal sendiri.

"Oleh sebab itu DPMD berupaya untuk membantu Bumdes dalam menemukan target pasar yang tepat. Kami ingin dari mulai pelaku usaha hingga pemanfaat sama-sama mendapatkan keuntungan yang konstan dan continue," jelasnya.

Baca juga: BUMDes Disebut Setara BUMN, Tidak Boleh Ikut Bersaing dengan Usaha Kecil

Menurut data DPMD Kabupaten Bekasi, hingga Juli 2020, jumlah Bumdes di Kabupaten Bekasi sebanyak 130 unit yang tersebar di berbagai kecamatan. Sebagian diantaranya masuk kategori berkembang dan maju.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved