Breaking News:

Desa Wisata

Sandiaga Uno Ungkap Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyiapkan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 sebagai salah satu program pengembangan kepariwisataan.

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Valentino Verry
Sandiaga Uno Ungkap Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi Nasional
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi desa wisata yang berada di kaki gunung Ceremai yaitu desa wisata Cibuntu, Kabupaten Kuningan. (Ist)

WARTAKOTALIVE.COM< JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyiapkan Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 sebagai salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan gencarnya sosialisasi program desa wisata menjadi salah satu program unggulan kementerian yang dipimpinnya. 

“Karena pandemi, desa terpaksa mencari cara untuk survive dan menghasilkan pendapatan lain yang tidak sekedar berpangku pada pekerjaan mayoritas masyarakatnya,” ujar Sandiaga, melalui keterangan tertulis, Selasa (1/6/2021). 

Baca juga: Buka Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Minta Masyarakat Kabupaten Kuningan Bangun Desa Wisata

Baca juga: Dukung Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, Sandi Kunjungi Desa Wisata di Cisarua

Sandiaga mengatakan dengan mulai mengusung konsep desa wisata sudah tentu akan menambah nilai tambah desa itu sendiri karena mengadaptasi pendekatan ekonomi kreatif. 

Caranya dengan berinovasi menciptakan konten-konten menarik untuk mengangkat wajah dan keunggulan desa yang memiliki nilai jual dalam satu paket wisata yang unik dan menarik. 

“Untuk itu desa harus meningkatkan keterampilan masyarakatnya terutama untuk bagaimana cara beradaptasi dengan kondisi pandemi yang belum berakhir,” ungkap Sandiaga. 

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ingin memberikan program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan. 

“Jadi harapan Kemenparekraf, kita dapat fokus pada pemulihan ekonomi nasional. Dan program desa wisata ini akan menjadi simbol munculnya kebangkitan ekonomi nasional,” harap Sandiaga. 

Baca juga: Buka Peluang Usaha dan Lapangan Kerja, Sandiaga Uno Minta Desa Wisata Berbenah Diri

Baca juga: Sosialisasi Desa Wisata di Ubud, Sandiaga Dorong Desa-Desa Lainnya Berbenah

Rangkaian sosialisasi Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 sudah dimulai sejak 22 Mei 2021 sampai dengan tanggal 25 Juni 2021. Sejumlah desa wisata pun sudah dikunjungi Sandiaga. 

Salah satunya Sandiaga datang berkunjung ke desa wisata yang berada di kaki gunung Ceremai yaitu desa wisata Cibuntu, Kabupaten Kuningan, Senin (31/5/2021). 

Cibuntu memiliki daya tarik wisata air terjun, kolam renang, dan camping ground dimana pengunjung bisa menikmati suasana alam yang asri dengan berbagai fasilitas yang lengkap. 

Atraksi berupa tarian penyambutan pengunjung juga menjadi daya tarik Desa Cibuntu yang pernah meraih desa wisata terbaik urutan kelima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay. 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved