Breaking News:

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

Puskesmas Kedaung Anugrah Kota Depok Berikan Tips Berhenti Merokok, Ingin Coba Simak Penjelasannya

“Yang sudah mendapatkan tips atau cara berhenti merokok dapat mengajak masyarakat yang tidak merokok untuk memberi informasi bahaya merokok

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: Dedy
Kompas.com/Shutterstock
Ilustrasi rokok 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK --- Pihak Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kedaung Anugrah Kota Depok membagikan tips atau cara agar bisa berhenti merokok.

Tips tersebut dibagikan dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang digagas Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) yang jatuh pada 31 Mei tiap tahunnya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Kedaung Anugrah Sri Handayani ini mengatakan, ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk dapat berhenti merokok yakni berhenti seketika, penundaan dan pengurangan.

“Setiap orang memiliki caranya yang berbeda. Tergantung individu mereka,” papar wanita yang akrab disapa Nunu saat dikonfirmasi wartawan, Senin (31/5/2021).

Cara pertama berhenti seketika, misalnya hari ini masih merokok, besok sudah berhenti sama sekali.

Untuk kebanyakan orang, cara ini dikatakan Nunu yang paling berhasil.

"Bagi perokok berat, mungkin dibutuhkan bantuan medis untuk mengatasi efek ketagihan," ujarnya.

Sementara untuk cara kedua adalah dengan menunda saat mengisap rokok pertama, misal dua jam setiap hari.

Jangka waktu tersebut dilakukan berkelanjutan dari hari sebelumnya dimana jumlah rokok yang dihisap dihitung dan mematok target berhenti merokok dalam tujuh hari. 

“Misalnya kebiasaan menghisap rokok pertama rata-rata 07.00 WIB, maka rokok pertama ditunda waktunya pukul 09.00 WIB. Hari kedua pukul 11.00 WIB, hari ketiga pukul 13.00 WIB. Lalu hari keempat pukul 15.00 WIB, hari kelima pukul 17.00 WIB, hari keenam pukul 19.00 WIB. Terakhir hari ketujuh pukul 21.00 WIB,” tuturnya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved