Breaking News:

Lahan Pembongkaran 9 Bangunan di Bantaran Kali Ciliwung Nantinya Dibangun Pengolahan Limbah Medis

"Sejak awal puasa sendiri kita sudah lakukan sosialisasi kepada mereka. Pemilih lahan pun saya pikir mereka sudah memahami dan menerima

Penulis: Joko Supriyanto | Editor: Dedy
Wartakotalive.com
Petugas Satpol PP dan PPSU tengah melakukan pembongkaran bangunan semi permanen di bantaran Kali Ciliwung, Menteng Jakarta Pusat. Senin (31/5/2021). 

9 bangunan Semi Permanen Dibantaran Kali Ciliwung Menteng Ditertibkan 

WARTAKOTALIVE.COM, MENTENG --- Sebanyak 9 bangunan semi permanen yang berada di bantaran kali Ciliwung, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat dibongkar petugas Satpol PP Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Pembongkaran sekaligus penertiban ini dilakukan dalam rangka perluasan lahan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo yang direncanakan area itu akan di alih fungsikan sebagai pengolahan limbah medis.

Pantauan Wartakotalive.com area yang dibongkar ini tepat berada di belakang area RSCM, di area itu terdapat lahan kosong yang kini memang dihuni oleh warga.

Area lahan itu pun kini telah berdiri sebanyak 9 bangunan.

Beberapa petugas Satpol PP Kecamatan Menteng yang ada di lokasi pun langsung membongkar bangunan itu, pembongkaran dilakukan penyeluruh baik itu pondasi bangunan hingga atap dari bangunan itu.

Beberapa pemilik bangunan pun beberapa diantara mereka juga mulai mengeluarkan barang-barang berharga milik dari dalam rumah sebelum dilakukan pembongkaran oleh petugas Satpol PP Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Wakil Camat Menteng, Suprayogi yang berada di lokasi mengatakan jika bangunan tersebut berdiri di atas lahan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang mana lahan tersebut akan difungsikan kembali.

"Jadi lahan ini milik Pemprov dalam hal ini Dinas Bina Marga yang mana lahan ini akan digunakan kembali oleh RSCM untuk perluasan fasilitas kesehatan," kata Suprayogi, Senin (31/5/2021).

Dikatakan Suprayogi, ada 9 bangunan semi permanen yang dilakukan penertiban, sebab lahan ini akan di pinjamkan ke RSCM oleh Pemprov sebagai tempat pengolahan limbah medis.

Para pemilik bangunan pun juga telah menyetujui pembongkaran itu.

"Sejak awal puasa sendiri kita sudah lakukan sosialisasi kepada mereka. Pemilih lahan pun saya pikir mereka sudah memahami dan menerima karena sejak awal kami sudah melakukan rapat bersama," katanya.

Meski tak ada bantuan relokasi, Suprayogi mengaku akan menawarkan pemilik bangunan untuk dapat pindah ke rumah susun. Sejauh ini penertiban pun juga berlangsung kondusif.

Terpisah, Ketua RT 07/01 Kelurahan Pegangsaan, Menteng, Muhammad Rizal mengatakan pihaknya sudah mengetahui jika ada rencana pembongkaran ini, sebab sosialisasi pun juga sudah dilakukan sebelumnya.

"Ya memang ini pihak RSCM akan menggunakan lahan ini. Kami juga sebelumnya sudah diberi tahu, terkait rencana itu, masyarakat di sini pun sudah menyetujui," kata Rizal. 

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved