Breaking News:

Jalur Sepeda

Hati-hati, Pesepeda yang Keluar dari Jalur Khusus Sepeda Akan Ditindak Polda Metro Jaya

Jika ada pesepeda yang masih menggunakan jalan umum atau keluar dari jalur khusus, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menindak tegas.

Editor: Hertanto Soebijoto
Wartakotalive/Joko Supriyanto
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menindak tegas jika ada pesepeda yang masih menggunakan jalan umum atau keluar dari jalur khusus. Foto ilustrasi: Para pesepeda memanfaatkan jalur sepeda yang dipasang sepanjang jalan raya Sudirman Thamrin, Minggu (7/3/2021) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA -- Jalur khusus untuk sepeda balap (road bike) disiapkan untuk melindungi keselamatan dan kenayaman pesepeda dalam bersepeda di Ibu Kota.

Jalur khusus untuk sepeda balap (road bike) itu disiapkan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Oleh karena itu, jika ada pesepeda yang masih menggunakan jalan umum atau keluar dari jalur khusus, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan menindak tegas.

"Kita siapkan jalur khusus 'road bike'. Setelah jalur itu operasional kita akan mulai penindakan tegas terhadap para bikers," kata Direktur Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi, Sabtu (29/5/2021).

Hal itu disampaikan Sambodo menanggapi banyaknya pesepeda yang menggunakan lajur kanan di jalan umum dan menutup sebagian jalan.

Fenomena tersebut banyak menuai protes dari pengguna jalan lainnya dan bahkan viral di media sosial.

Baca juga: Penyediaan Jalur Sepeda di Kota Bogor Berlanjut Setelah di Pajajaran Akan Dibangun di Jalan Sudirman

Baca juga: LINDUNGI Pesepeda, Dishub DKI Bakal Segera Tambah Rambu Agar Sepeda Motor Tidak Lintasi Jalur Sepeda

Seorang pemotor yang diduga kesal jalannya terhalang oleh rombongan road bikers hingga mengacungkan jari tengahnya ke arah rombongan tersebut.

Sambodo menjelaskan, jalur khusus yang tengah disiapkan oleh Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta adalah Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Kampung Melayu-Tanah Abang.

Meski demikian, penggunaan JLNT Casablanca sebagai jalur khusus road bike masih dalam tahap uji coba dan belum menetapkan kapan jalur tersebut operasional.

Adapun sanksi untuk pesepeda ini telah diatur dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Baca juga: Anies Gelar Sayembara Desain Jalur Sepeda Terproteksi Berhadiah Total Rp52 Juta, Ini Syaratnya

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved