Breaking News:

Berita Jakarta

Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Dorong Pemprov DKI Adopsi Sistem Merit Seperti Pemprov Jabar

Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Dorong Pemprov DKI Adopsi Sistem Merit Jabatan yang Diaplikasikan Ridwan Kamil di Pemprov Jabar

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Dwi Rizki
Warta Kota
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumpulkan 239 ASN di lapangan Balai Kota DKI Jakarta pada Senin (10/5/2021). Mereka dikumpulkan karena ogah mengikuti Instruksi Sekda DKI Jakarta soal seleksi terbuka JPT pratama atau jabatan eselon 2 di Pemprov DKI. 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta mendorong Pemprov DKI mengadopsi sistem merit jabatan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan kerjanya.

Sistem ini dianggap baik dan sudah diterapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Pemprov Jawa Barat (Jabar).

Hal itu dikatakan anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta August Hamonangan setelah kunjungan kerja gabungan Komisi DPRD DKI Jakarta ke Pemprov Jabar pada 27-28 Mei 2021 lalu.

Kata dia, sistem tersebut telah mendapat penghargaan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) berupa Anugerah Meritokrasi dengan poin 375,5 atau nomor pertama dalam penilaian KASN.

“Saya melihat jika sistem merit ini dapat diadaptasi ke Jakarta maka masalah lelang jabatan bisa dihindari atau paling tidak diminimalisir,” kata August berdasarkan keterangannya pada Sabtu (29/5/2021).

August menilai, sistem merit juga ini sudah komprehensif dengan mempertimbangkan perencanaan kebutuhan ASN, proses pengadaan ASN, manajemen kinerja, penggajian, penghargaan dan disiplin.

Nantinya ketika ada kebutuhan ASN untuk jabatan tertentu, pimpinan instansi tidak perlu repot mencari ASN yang bertalenta.

Baca juga: Warga Keluhkan Kehadiran Pengunjung Eksklusif di Ragunan, Bebas Masuk Kandang & Kasih Makan Jerapah

Selain itu, dalam jangka panjang, sistem ini juga dapat melindungi ASN dari intervensi politik serta menghindari dari sistem nepotisme yang nantinya dapat mengganggu karir pegawai.

“Saya optimis, kalau Pemprov DKI berbenah, maka hasilnya pasti lebih baik dari Jawa Barat,” tegasnya.

Apalagi, ujar dia, Jakarta didukung dengan teknologi informasi Jakarta Smart City dengan alokasi anggaran yang besar.

Baca juga: Heboh Pengunjung Eksklusif di Kebun Binatang Ragunan, Plt Kadis Pariwisata dan Pengelola TMR Bungkam

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved