Breaking News:

Berita Depok

Pelajar SMP Meningal Akibat DBD, Dinkes Kota Depok Sebut Tak Lalai Kontrol DBD Gara-gara Covid-19

Pelajar SMP meningal akibat DBD, Dinkes Kota Depok sebut tak lalai kontrol DBD gara-gara Covid-19. Sudah ada penanggungjawab DBD.

Penulis: Vini Rizki Amelia | Editor: Dodi Hasanuddin
Warta Kota/Gopis Simatupang
Pelajar SMP Meningal Akibat DBD, Dinkes Kota Depok Sebut Tak Lalai Kontrol DBD Gara-gara Covid-19. 

WARTAKOTALIVE.COM, DEPOK - Pelajar SMP meningal akibat DBD, Dinkes Kota Depok Sebut tak lalai kontrol DBD gara-gara Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok drg. Novarita, mengaku pihaknya terus melakukan tindakan guna mencegah penyakit demam berdarah dengue (DBD) menjangkiti masyarakat.

Langkah-langkah yang dilakukan, kata Novarita antara lain pengecekan jentik nyamuk yang ada di rumah ataupun lingkungan sekitar pemukiman warga.

"Ya kita melakukan pemeriksaan jentik itu seminggu sekali dan itu rutin dilakukan puskesmas di masing-masing wilayah (se-Kota Depok)," kata Novarita saat dihubungi Warta Kota via telepon, Sabtu (29/5/2021).

Novarita membantah dengan adanya Covid-19 membuat pihaknya kehilangan fokus dalam menangani penyakit yang tak kalah membahayakannya dari virus asal Wuhan, Tiongkok itu.

Baca juga: Kasus Tuntutan THR Karyawan Minimarket Berbuntut Panjang, Aktivis Depok Menentang Pemboikotan

Sebab, pembagian tugas di dinkes hingga ke puskesmas telah diatur sejak lama sebelum pandemi Covid-19 menghantui Kota Depok.

"Sudah ada bagian-bagian yang bertanggung jawab akan hal itu, yang bagian mengurus DBD juga sudah ada PJ DBD (Penanggung Jawab DBD), jadi, memang terus di kontrol dan laporannya selalu ada tiap minggunya," ujar Novarita.

Namun demikian, pandemi Covid-19 dipaparkan Novarita hanya menimbulkan sedikit hambatan lantaran harus mengurangi interaksi kepada orang banyak.

Interaksi antar petugas dengan warga yang ada di rumah pun sedianya dilakukan dengan seminimal mungkin, hal itu guna menjalani penerapan protokol kesehatan sebagai upaya dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Baca juga: Perjuangkan Fasum bagi Warga Depok, Imam Budi Hartono ke Pulau Bangka Tanyakan Aset PT Timah

Sehingga kata Novarita, diperlukan peran serta masyarakat untuk sadar akan kebersihan guna membantu pihaknya dalam menangkal munculnya jentik nyamuk yang ada di dalam rumah warga.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved