Breaking News:

Berita Bogor

Sumber Daya dan Logistik Terbatas, Bima Arya Sebut Hal Ini yang Harus Dilakukan Kepala Daerah

Sumber daya dan logistik terbatas, Wali Kota Bogor Bima Arya sebut hal ini yang Harus dilakukan kepala daerah agar berhasil bangun wilayah.

Dok. Pemkot Bogor
Sumber Daya dan Logistik Terbatas, Bima Arya Sebut Hal Ini yang Harus Dilakukan Kepala Daerah. 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Sumber daya dan logistik terbatas, Bima Arya sebut hal Ini yang harus dilakukan kepala daerah.

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Bima Arya yang juga Wali Kota Bogor mengatakan, banyak kepala daerah yang berhasil dan menularkan inspirasi dengan satu rumus, yakni kolaborasi.

Hal ini dikatakannya saat membuka webinar HUT Apeksi ke-21 dengan tema 'Pentahelix dan Percepatan Pemulihan Ekonomi Kota di Indonesia' di Hotel Fairmont, Jakarta, Selasa (25/5/2021)

Bima Arya menyebut, dalam buku yang ditulis Benjamin Barber 'If Mayors Ruled The World' menyatakan bahwa kepala daerah tidak itu bisa sendiri, harus berkolaborasi.

Dalam buku tersebut, banyak para kepala daerah atau wali kota-wali kota yang berhasil dan hebat, rumusnya satu, yaitu kolaborasi.

Mengapa kolaborasi. Pasalnya, sebut Bima Arya, perkembangan persoalan semakin kompleks. Tetapi di sisi lain sumber daya terbatas dan logistik juga terbatas.

"Karena itu ketika corporate, private sector mazhabnya economy sharing. Sementara kalau government sector sendiri, tidak mau berbagi, tidak saling menginspirasi maka tidak akan bisa mengimbangi itu. Belum lagi, kepala daerah dituntut untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik," katanya.

"Nah, karena itu di Apeksi ini rumus yang kita pegang yang paling relevan ke depan adalah berbagi, saling menginspirasi, kolaborasi dan sinergi," jelasnya.

Baca juga: Fokus Pemulihan Ekonomi Kabupaten Bogor, Iwan Setiawan Tunggu Langkah Nyata Satgas PEN

Menurutnya, sejak era Pilkada langsung banyak kepala daerah yang menunjukkan kinerja sangat baik dan diikuti oleh yang lain.

"Saat menjadi pengamat saya sangat mengamati kinerja Pak Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo, kemudian ada Bupati Jembrana dan yang lainnya yang menginspirasi. Dan ternyata prestasi dan inspirasi itu menular, yang lain mengikuti, bahkan jauh lebih baik lagi dan kebiasaan itu berjalan dengan sangat baik," sebut wali kota.

Halaman
12
Penulis: Dodi Hasanuddin
Editor: Dodi Hasanuddin
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved