Breaking News:

Korupsi Banten

Pengamat Kebijakan Publik Pertanyakan Janji Kampanye Wahidin Halim yang Antikorupsi

Pengamat kebijakan publik, Adib Miftahul mempertanyakan janji kampanye Gubernur Banten Wahidin Halim soal antikorupsi, yang tak menjadi kenyataan.

Penulis: Andika Panduwinata | Editor: Valentino Verry
Warta Kota/Andika Panduwinata
Gubernur Banten Wahidin Halim sedang digoyang beberapa isu korupsi. Padahal saat kampanye, dia bertekad menumpas semua praktik korupsi di Provinsi Banten, dan menghapus citra buruk provinsi tersebut. 

WARTAKOTALIVE.COM, TANGERANG - Pengamat Kebijakan Publik, Adib Miftahul menyinggung soal kepemimpinan Gubernur Banten Wahidin Halim.

Hal itu merujuk pada kasus korupsi yang kini kembali menggoyang Pemerintahan Provinsi Banten. 

"Maraknya kasus korupsi dari mulai pengadaan lahan Samsat Malingping Kabupaten Lebak, disusul bantuan hibah pondok pesantren yang mencapai ratusan miliar, dan yang baru terjadi dugaan korupsi soal pengadaan alat masker Dinas Kesehatan Provinsi Banten, setidaknya ada beberapa catatan," ujar Adib kepada Warta Kota, Jumat (28/5/2021).

Pertama ketika Wahidin dulu mendeklarasikan slogan Banten akhlakul kharimah, Banten harus bebas dari korupsi dan pelibatan Korsupgah KPK yang selalu dibanggakan serta penghargaan opini WTP, ini terbantahkan.

Analis kebijakan publik, Adib Miftahul.
Analis kebijakan publik, Adib Miftahul. (Wartakotalive.com/Andika Panduwinata)

Atau ternyata tidak sesuai dengan fakta dengan banyak munculnya kasus korupsi sepeeti hibah ponpes, lahan Samsat dan pengadaan masker.

"Kasus-kasus korupsi itu menjadi antitesis akhirnya. Klaim anti korupsi, banyak penghargaan opini BPK, ada Korsupgah KPK, dimaknai publik hanya isapan jempol belaka," ucapnya.

"Yang menjadi catatan publik lagi, karena miris tindak terjadinya dugaan korupsi ini menyasar program prioritas WH sesuai janji kampanye dulu kan. Hibah Ponpes, anti korupsi," sambung Adib.

Kedua, ini sudah empat tahun satu bulan kepemimpinan pria yang akrab disapa WH tersebut, alias sebentar lagi lengser, Adib memprediksi akan sulit untuk merealisasikan janji kampanye itu.

Dirinya melihat loyalitas anak buah WH patut dipertanyakan.

"Sudah jadi rahasia umum lah, pejabat kalau Gubernur, Bupati, Wali Kota jelang berakhir masa jabatan, acap kali sudah cari gerbong politik sana sini. Jawabannya apa? Ya ini, terbukti masih adanya kasus korupsi di program-program prioritas WH," kata Adib.

Baca juga: Wahidin Halim Optimistis Bank Banten Mampu Bersaing di Industri Perbankan

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved